Warga Kecamatan Mantobi Raya minta pemasangan listrik dipercepat

id Kalimantan Tengah,Kalteng,DPRD Kalimantan Tengah,DPRD Kalteng,Sugiarto,Lamandau,Mantobi Raya,listrik,pengaliran listrik

Warga Kecamatan Mantobi Raya minta pemasangan listrik dipercepat

Anggota DPRD Kalteng Sugiarto. ANTARA/HO-Sekretariat DPRD Kalteng

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kalimantan Tengah Sugiarto mengaku bahwa pihaknya saat reses ada mendapat usulan sekaligus permintaan dari warga Kecamatan Mantobi Raya, Kabupaten Lamandau, terkait perlunya mempercepat pemasangan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Sampai saat sebagian besar warga yang tinggal Kecamatan Mantobi Raya hanya mengandalkan listrik solar sell sebagai satu-satunya sumber penerangan, kata Sugiarto di Palangka Raya, Kemarin.

"Kondisi tersebut tentunya menyulitkan warga setempat dalam memenuhi kebutuhan terhadap listrik. Jadi, wajar memang mereka meminta agar pemasangan listrik PLN dipercepat," tambahnya.

Ketua Tim Reses asal pemilihan Kalteng III Kabupaten Kobar, Lamandau dan Sukamara itu menyatakan sudah ada tiang listrik masuk ke Kecamatan Mantobi Raya. Hanya, sampai sekarang tiang tersebut belum ada kabel untuk mengaliri listrik ke rumah-rumah warga.

Pria yang pernah menjadi Wakil Bupati Lamandau dua periode itu mengatakan, dahulu sebenarnya sudah pernah juga diusulkan kerjasama listrik dengan perusahaan sekitar Kabupaten Lamandau. Namun, rencana kerjasama tersebut sampai saat ini belum ada tindaklanjut.

"Saat ini warga di kecamatan hanya bisa berharap masuknya jaringan listrik dari PLN saja. Semoga terrealisasi di tahun 2021," kata Sugiarto.

Baca juga: DPRD Kalteng sarankan dana BOS dukung proses belajar daring

Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu pun memastikan apapun hasil reses, baik soal keluhan, usulan dan permintaan masyarakat, akan langsung disampaikan ke pemerintah daerah dan berbagai pihak.

Anggota Komisi 1 DPRD Kalteng itu mengatakan sudah menjadi tugas DPRD sebagai wakil rakyat untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat. Dan, tentunya akan selalu dikawal aspirasi tersebut agar dilaksanakan pemerintah daerah.

"Kami tentunya berharap agar aspirasi masyarakat ini juga mendapat perhatian dari pihak terkait," demikian Sugiarto.

Baru-baru ini pimpinan dan anggota DPRD Kalteng melaksanakan reses ke daerah pemilihannya masing-masing. Reses tersebut sebagai upaya melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menyerap aspirasi masyarakat sekaligus memantau pelaksanaan program pemerintah provinsi yang telah disepakati untuk tahun 2020.

Baca juga: Ketua DPRD Kalteng akan menugaskan anggota dewan ke Kinipan

Baca juga: Pelabuhan Bahaur perlu segera dibenahi, kata Ketua DPRD Kalteng

Baca juga: Tak penuhi syarat, Kalteng tak dapat bantuan dari KLHK

Baca juga: Perjelas posisi PT NAP, DPRD Kalteng jadwalkan RDP dengan Dishut