DD dan BLTDD di Bartim tersalurkan dengan baik

id Pemkab bartim, bartim, barito timur, tamiang layang, dd, blt dd, dpmd kalteng

DD dan BLTDD di Bartim tersalurkan dengan baik

Monitoring penyaluran DD dan BLT DD dari DPMD Kalteng di Balai Desa Haringen, Kecamatan Dusun Timur, Jumat, (9/10/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Kalimantan Tengah, Rojikinor menilai penyaluran Dana Desa dan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa di Kabupaten Barito Timur sudah terlaksana dengan baik.

“Berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi kami, penyaluran DD dan BLT DD di Bartim sudah terlaksana dengan baik,” kata Rojikinor di Tamiang Layang, Sabtu.

Menurutnya, monitoring dan evaluasi dilaksanakan DPMD Kalteng berdasarkan perintah gubernur. Salah satu tujuannya, memastikan supaya pembangunan yang bersumber dari Dana Desa bisa maksimal dilaksanakan oleh tiap pemerintah desa.

Rojikinor juga meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Bartim bisa melaksanakan legalisasi dokumennya dan mampu menjadi ketahanan ekonomi tingkat desa.

“Kami harapkan BUMdes bisa menjaga perekonomian di desa karena peluangnya cukup besar," jelasnya.

Pihaknya menyarankan BUMDes legalitasnya lebih kepada berbentuk koperasi, karena akan memberikan keuntungan bagi seluruh anggotanya dalam Sisa Hasul Usaha koperasi tersebut.

Kepala DPMD Bartim Barnusa mengatakan, dalam pelayanannya ada beberapa petugas yang bersiaga memberikan layanan bagi pemerintah desa yang memerlukan bantuan karena ada kendala.

“Dengan ada yang bersiaga, maka semua administrasi pemerintah desa di Bartim tidak ada terkendala sehingga penyaluran DD dan BLT DD di berjalan dengan baik dan lancar,” ungkapnya.

Barnusa juga menegaskan, hingga saat ini belum ada kendala yang dihadapi DPMD dan pemerintah desa. Bahkan, dalam penyusunan APBDes perubahan sudah dilaksanakan perubahan tahap kedua.

Sementara itu, Kepala Desa Haringen Yasen mengatakan, BLTDD tahap pertama sudah disalurkan kepada 70 Keluarga Penerima Manfaat. Dalam musyawarah desa, BLTDD tahap kedua akan diberikan kepada 45 KPM.

“Sedangkan BUMDes Haringen yang didirikan sejak 2016 hingga saat ini sudah mulai mendapatkan keuntungan. Dengan penyertaan modal sebesar Rp85 juta, keuntungan sebesar Rp15 juta sudah didapati pada Juli 2020,” paparnya.

Usaha BUMDes Haringen yakni menyediakan sarana dan prasarana pertanian dan kebutuhan rumah tangga warga desa, seperti gas elpiji tiga kilogram, air isi ulang, wifi desa serta usaha warung makan dan minum.