Potensi tambak udang vaname di Sukamara dinilai menjanjikan

id Pemkab sukamara, sukamara, wabup sukamara ahmadi, desa sungai pasir, panen udang sukamara, tambak udang vaname sukamara

Potensi tambak udang vaname di Sukamara dinilai menjanjikan

Panen parsial perdana udang vaname di Desa Sungai Pasir, Sukamara, Senin (12/10/2020). (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio belum lama ini berpartisipasi dalam panen parsial perdana udang vaname di lokasi budidaya di Desa Sungai Pasir, Kecamatan Lunci.

“Sebelumnya, kami sudah mengambil sampling untuk udang vaname, sehingga diketahui jumlah atau total yang ada dalam tambak tersebut,” katanya di Sukamara, Selasa.

Menurutnya, sampling diambil di delapan titik, sehingga dapat disimpulkan dalam satu tambak itu dipastikan ada sekitar lima ton udang vaname yang bisa dipanen dengan luas 1.500 meter  persegi.

“Kami optimis pembudidayaan udang vaname ini berhasil, ini juga suatu pembuktian bahwa udang tersebut bisa hidup di wilayah ini," ungkapnya.

Tambak tersebut sebagai percontohan bagi pihak lainnya ataupun masyarakat, merupakan kerja sama Dinas Perikanan setempat dengan pihak ketiga. 

Dari panen tersebut diperkirakan hasilnya sekitar empat ton saja. Tetapi, apabila dilakukan panen secara keseluruhan diperkirakan mampu mencapai hingga sepuluh ton lebih.

“Tujuan kegiatan lainnya, juga untuk menyampaikan kepada masyarakat bahwa potensi budidaya udang vaname semi intensif ini sangat menjanjikan,” jelasnya.