Pemkab Gumas siap dukung program kerja PLN

id Gunung mas,pln gumas,pemkab gunung mas

Pemkab Gumas siap dukung program kerja PLN

Bupati Gumas Jaya S Monong (kanan) dan Manager PLN UIW Kalselteng Sudirman menunjukkan MoU yang baru saja ditandatangani, di Banjarbaru, Kalsel, Senin (12/10/2020). ANTARA/HO- Protokol dan Perjalanan Setda Gumas

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan pemerintah kabupaten siap mendukung program kerja Perusahaan Listrik Negara Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

“Pemkab Gumas siap mendukung PLN, seperti dalam pembersihan tanaman atau pohon yang mengganggu, atau sosialisasi ke perusahaan agar ikut menjadi pelanggan PLN,” jelas Jaya melalui pesan singkat, Rabu.

Suami dari Mimie Mariatie Jaya S Monong ini menyebut, dukungan lainnya adalah dengan memberi pemberitahuan kepada dinas, badan, dan kantor di lingkup Pemkab Gumas agar tidak terlambat dalam membayar listrik.

Bahkan, ujar ayah dari Zefanya Naila dan Ester Gloria ini, dukungan akan diberikan dalam hal mempersiapkan infrastruktur jalan, supaya jaringan PLN bisa berdiri dan sampai ke masyarakat.

Disamping itu, orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini berharap program kerja PLN ke depan juga mengutamakan masyarakat Gumas di Kecamatan Damang Batu dan Miri Manasa, mengingat sejumlah kegiatan besar akan dilaksanakan di sana.

“Terlebih, Kelurahan Tumbang Napoi, Kecamatan Miri Manasa akan menjadi tuan rumah Pesta Paduan Suara Gerejawi ke- VII tingkat kabupaten pada tahun 2022 mendatang,” beber Jaya.

Di sisi lain, sejak tahun 2017 lalu di Desa Tumbang Kajuei, Kecamatan Rungan telah dibangun pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 2x100 megawatt. Dia berharap jika PLTU mulai beroperasi maka jangan sampai listriknya tidak dapat dinikmati oleh masyarakat Gumas.

Lebih lanjut, PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng dan Pemkab Gumas melakukan penandatanganan MoU Penyediaan dan Pembangunan Fasilitas Ketenagalistrikan, di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Senin (12/10) lalu. 

Penandatanganan MoU Penyediaan dan Pembangunan Fasilitas Ketenagalistrikan tersebut merupakan bukti nyata dukungan Pemkab Gumas terhadap PLN Unit Induk Wilayah Kalselteng, supaya program kerja PLN dapat berjalan baik.

Untuk diketahui, MoU tersebut memuat beberapa poin kesepakatan, yakni menjalin suatu kerja sama yang berkesinambungan dalam hal penyediaan dan pembangunan fasilitas ketenagalistrikan.

Kemudian, untuk memajukan pembangunan dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat umumnya dan pelanggan khususnya di Gumas, yang pengelolaannya dilakukan oleh Pemkab Gumas.

Selanjutnya penyediaan dan pembangunan fasilitas ketenagalistrikan dan pengelolaannya untuk meningkatkan dan memperluas kerjasama yang efektif dan saling mendukung, bagi pengembangan ketenagalistrikan di wilayah Gumas, dalam batas kemampuan keuangan dan teknis yang dimiliki pemkab dan PLN.

Lalu penyediaan dan pembangunan fasilitas ketenagalistrikan beserta peralatan pendukungnya yang meliputi fungsi pembangkitan, fungsi distribusi, fungsi pelayanan pelanggan, serta fungsi administrasi dan kehumasan.