120 pasien COVID-19 di Palangka Raya masih jalani perawatan

id Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Murni D Djinu,Kalteng,Palangka Raya,COVID-19,virus corona,positif covid-19 di palangka raya,positif co

120 pasien COVID-19 di Palangka Raya masih jalani perawatan

Warga Palangka Raya mengikuti tes cepat untuk mendeteksi paparan COVID-19 (ANTARA/Rendhik Andika)

Sementara jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 di Palangka Raya sampai saat ini mencapai 994 orang. Angka itu berada 84,24 persen dari total kasus.
Palangka Raya (ANTARA) - Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Murni D Djinu menyatakan, sampai sekarang ini masih ada 120 pasien COVID-19 di wilayah ini yang menjalani perawatan.

"Angka 120 itu berada di 10,17 persen dari total kasus positif COVID-19 yang ada di wilayah ini," kata Murni di Palangka Raya, Jumat.

Dikatakan, akumulasi kasus positif COVID-19 di wilayah Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah dari kasus pertama sampai saat ini berada di angka 1.180 kasus positif.

Sementara jumlah pasien yang telah dinyatakan sembuh dari paparan COVID-19 di Palangka Raya sampai saat ini mencapai 994 orang. Angka itu berada 84,24 persen dari total kasus.

"Dari seluruh kasus COVID-19 yang ada juga tercatat jumlah kematian pasien sebanyak 66 orang. Sementara masyarakat yang berstatus suspek COVID-19 tercatat 561 orang," kata Murni.

Data tersebut berhasil dihimpun dari seluruh wilayah di Kota Palangka Raya mencakup lima kecamatan yang mencakup 32 kelurahan. Bertambahnya kasus COVID-19 tersebut menurut Murni juga bentuk keberhasilan tim kesehatan dalam melakukan penelusuran kontak erat antara masyarakat dengan pasien positif.

Baca juga: Kembangkan UMKM tingkatkan upaya pemulihan ekonomi daerah

Sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran COVID-19, Pemerintah Kota Palangka Raya, melalui tim gugus tugas terus melakukan berbagai upaya mulai dari sosialisasi, deteksi dini, pengamanan hingga penanganan kasus.

Pemerintah Kota Palangka Raya pun mengajak masyarakat di wilayah "Kota Cantik" untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sebagai upaya meminimalkan potensi dan mencegah mata rantai penyebaran COVID-19 yang tak kunjung usai.

Jubir Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Palangka Raya itu pun kembali mengingatkan masyarakat agar Selalu jaga jarak minimal satu hingga dua meter, selalu gunakan masker saat keluar dari rumah, rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

"Hindari kerumunan dan selalu taati arahan dan anjuran pemerintah. Apalagi saat ini kita sudah masuk tahapan Pilkada, sehingga kita harus meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi," katanya.

Baca juga: Satgas Bencana Nasional BUMN bagikan ribuan masker kepada masyarakat Kalteng

Baca juga: Legislator Palangka Raya ajak masyarakat antisipasi banjir dengan menjaga drainase

Baca juga: Satgas COVID-19 dampingi ratusan kegiatan masyarakat di Palangka Raya