Kembangkan UMKM tingkatkan upaya pemulihan ekonomi daerah

id Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Nenie Adriati Lambung ,DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah,Kota Palangka Ra

Kembangkan UMKM tingkatkan upaya pemulihan ekonomi daerah

Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya Nenie Adriati Lambung. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Nenie Adriati Lambung mengajak seluruh lapisan masyarakat mengembangkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), agar pemulihan dan peningkatan ekonomi di daerah ini pasca pandemi virus corona atau COVID-19 dapat dilakukan.

"Mari kembangkan UMKM di tengah pandemi COVID-19 guna kembali memulihkan perekonomian daerah yang sempat turun selama adanya wabah tersebut," kata Nenie di Palangka Raya, Jumat.

Menurut dia, dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang ini, tentunya produk-produk daerah buatan masyarakat bisa dipasarkan secara online baik di media sosial serta lain sebagainya.

Nenie Dia mengatakan penjualan secara daring juga tidak lain juga memutus mata rantai penyebaran virus Corona yang hampir beberapa bulan ini berkembang di wilayah 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya.

"Kita akui tidak semua produk bisa laku dijual melalui media sosial, namun setidaknya UMKM di Kota Palangka Raya disarankan terus meningkatkan produktivitasnya guna pemulihan perekonomian daerah," ucapnya.

Perempuan yang menjabat Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Palangka Raya tersebut itu pun mengapresiasi dan mengucapkan berterimakasih banyak kepada pemerintah pusat melalui pemkot setempat, karena sudah memberikan sejumlah bantuan bagi pelaku UMKM.

Bantuan tersebut ada yang diberikan dalam bentuk gerobak container, pemanggang kue, tempat 'box' es batu dan uang tunai bagi mereka yang sudah mengusulkan di Dinas Perindustrian perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Palangka Raya beberapa waktu lalu.

Baca juga: Legislator Palangka Raya ajak masyarakat antisipasi banjir dengan menjaga drainase

"Semoga bantuan tersebut menjadikan semangat buat pelaku UMKM untuk mengenalkan produknya ke masyarakat, sehingga perputaran perekonomian di wilayah setempat bisa kembali normal," beber Nenie.

Selain itu juga, Srikandi di Lembaga DPRD Kota Palangka Raya juga menyarankan agar pelaku UMKM bisa memberikan terobosan-terobosan baru sehingga produk-produk yang dihasilkan bisa dijual keluar daerah.

"Semoga saja apa yang kita inginkan dapat dimengerti oleh para pelaku UMKM yang tujuannya meningkatkan perekonomian daerah, serta pendapatan daerah (PAD) juga akan meningkat nantinya," demikian Nenie.

Baca juga: Legislator: Jaga infrastruktur yang sudah dibangun pemerintah

Baca juga: Orang tua disarankan larang anaknya ikut aksi unjuk rasa