MUI Bartim diminta motivasi umat disiplin terapkan protokol kesehatan

id Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas ,Kabupaten Barito Timur,Bartim,MUI Barito Timur,COVID-19,peran MUI di COVID-19,Kalteng

MUI Bartim diminta motivasi umat disiplin terapkan protokol kesehatan

Bupati Bartim Ampera AY Mebas memberikan arahan saat membuka Musda IV di Tamiang Layang, Selasa (27/10). ANTARA/Habibullah

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur, Kalimantan Tengah, Ampera AY Mebas meminta Majelis Ulama Indonesia di kabupaten setempat, ikut dan terlibat aktif membantu pemerintah dalam memotivasi para umat agar lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan dan beradaptasi pada tatanan kehidupan baru,

Peran MUI dalam membantu pemerintah mencegah dan menanggulangi virus corona atau COVID-19 sangat penting, kata Ampera usai membuka Musda IV MUI Bartim tahun 2020 di Tamiang Layang, Selasa.

"Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni, mengajak dan memotivasi umat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ucapnya.

Dikatakan, apabila protokol kesehatan berjalan dengan baik maka akan membantu penanggulangan COVID-19 dengan cepat. Ini merupakan wujud nyata MUI Bartim dalam membantu pemerintah. Untuk itu, hendaknya dilaksanakan pemimpin umat di tingkat kecamatan dan desa, sehingga warga terbiasa menerapkan protokol kesehatan dilaksanakannya tatanan kehidupan baru.

"Yang disampaikan itu cukup memakai masker ketika keluar rumah, menjaga jarak dan mencuci tangan," kata Ampera.

Selain itu, Bupati Bartim itu mengharapkan MUI Bartim bisa bersinergi dan ikut serta dalam membangun Kabupaten Bartim sesuai visi misi Pemkab Bartim yakni mewujudkan Barito Timur yang sehat, cerdas dan sejahtera melalui pemerintahan yang amanah.

"Program yang disusun dan akan dilaksanakan MUI Bartim bisa disinergikan dengan program Pemkab. Kritik membangun sangat diharapkan. Intinya, bagaimana kita semua bergandengan tangan membangun Kabupaten Bartim yang lebih baik lagi," kata Ampera.

Dia menyebut, saat ini Pemkab Bartim menganggarkan dan hibah untuk operasional dan pengelolaan, serta pembangunan rumah ibadah. Ini merupakan salah satu upaya Pemkab Bartim dalam meningkatkan pembinaan umat beragama.

Baca juga: Pasien sembuh capai 75 persen, tetap disiplin protokol kesehatan

"Saya berharap pemilihan Ketua MUI Kabupaten Bartim bisa terselenggara dengan musyawarah mufakat sera menghasilkan pemimpin yang mampu membawa MUI bersinergi dengan Pemkab Bartim," kata Ampera.

Sementara itu, Wakil Ketua MUI Kalteng Syamsuri Yusuf menambahkan, MUI merupakan organisasi yang menjaga bangsa dan senantiasa bersinergi, berkolaborasi dan bermitra dengan pemerintah.

"Pemerintah membangun bangsa, maka MUI bersama pemerintah membangun bangsa. Termasuk MUI Kabupaten Bartim. Apa yang diharapkan Bupati Bartim bisa terwujud," kata Syamsuri.

Baca juga: Ketua KPU Bartim sembuh dari COVID-19

Baca juga: Pemkab Bartim kaji produksi beras premium

Baca juga: Bawaslu belum temukan ASN Bartim langgar aturan pilkada

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar