KPU minta masyarakat aktif mengecek DPT pilkada 2020

id Kpu palangka raya, dpt pilkada palangka raya, pilkada kalteng

KPU minta masyarakat aktif mengecek DPT pilkada 2020

Ilustrasi pemungutan suara saat pemilu. (ANTARA)

Palangka Raya (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah meminta masyarakat aktif mengecek Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk memastikan dirinya masuk dalam daftar pemilih pada pilkada 2020.

"DPT pilkada 2020 sudah diumumkan. Mari cek DPT untuk memastikan diri telah masuk daftar, sehingga dapat menggunakan hak pilih saat pemungutan suara pada 9 Desember 2020 mendatang," kata Ketua KPU Palangka Raya, Ngismatul Choiriyah, Sabtu.

Salinan DPT pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah 2020 juga ditempel pada 30 kantor kelurahan untuk memudahkan masyarakat melakukan pengecekan.

Pengecekan DPT juga dapat dilakukan secara daring melalui laman lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Pemilih cukup mengetik nama kota dan NIK atau nama lengkap, sehingga pada layar akan muncul identitas pemilih lengkap dengan nomor tempat pemungutan suaranya.

Pada Pilkada Kalteng 2020, KPU Palangka Raya, menetapkan DPT sebanyak 180.771 jiwa, terdiri dari 89.707 laki-laki dan 91.064 pria.

Mereka akan melakukan pemungutan suara atau menggunakan hak pilih sesuai lokasi masing-masing yang terbagi dalam 622 TPS yang tersebar di lima kecamatan dan 30 kelurahan di wilayah "Kota Cantik".

Di sisi lain, wanita berhijab itu juga mengajak masyarakat setempat mengenali figur serta visi dan misi para calon peserta Pilkada Kalteng 2020.

Menurut dia, pengenalan visi dan misi yang diusung para calon sangatlah penting diketahui dan dipahami, karena merupakan gambaran besar arah pembangunan jangka panjang jika terpilih.

Salah satu upaya mengetahui visi dan misi, yakni mengikuti pelaksanaan kampanye pasangan calon termasuk nantinya menyaksikan acara debat yang difasilitasi oleh KPU Kalteng.

Masyarakat pun diminta tidak terlewat menyaksikan acara debat tersebut karena visi misi serta rencana program kerja para pasangan calon jika terpilih, nantinya akan dikupas dalam kegiatan tersebut.