Pemkab Barut sampaikan jawaban pemandangan umum fraksi DPRD

id rancangan apbd 2021 barito utara,pemkab barut,dprd barut,apbd 2021

Pemkab Barut sampaikan jawaban pemandangan umum fraksi DPRD

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Sekda H Jainal Abidin menyerahkan jawaban Bupati Barito Utara atas pemandangan umum fraksi DPRD terhadap RAPBD 2021 yang diterima Ketua DPRD Hj Mery Rukaini didampingi Waket I Parmana Setiawa dan Waket II Sastra Jaya, di gedung DPRD setempat, Muara Teweh, Selasa (24/11/2020).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah,sampaikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi DPRD terhadap rancangan peraturan daerah APBD tahun anggaran 2021.

Jawaban Pemerintah Kabupaten Barito Utara terhadap pemandangan umum fraksi DPRD ini diserahkan Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra didampingi Sekretaris Daerah H Jainal Abidin di gedung dewan setempat di Muara Teweh, Selasa.

"Setelah menyimak pemandangan umum fraksi DPRD yang disampaikan pada Senin 23 November 2020, bahwa pada prinsipnya fraksi-fraksi DPRD Barito Utara menerima raperda tentang APBD tahun 2021 yang diajukan oleh Pemkab Barito Utara," kata Wabup Sugianto Panala Putra.

Meskipun, kata dia, dengan beberapa catatan, masukan dan saran sebagai materi persidangan untuk dibahas bersama dalam rapat gabungan komisi DPRD Kabupaten Barito Utara.

Terkait pertanyaan menurunnya pendapatan pada tahun 2021 dibanding 2020, Wabup Sugianto P Putra menyampaikan bahwa hal ini dikarenakan dana pendapatan transfer dari pemerintah pusat mengalami penurunan sesuai dengan undang-undang tentang APBN 2021 serta pendapatan asli daerah dari sektor pajak daerah dan retribusi daerah pada tahun depan  diasumsikan masih mengalami penurunan dikarenakan pandemi COVID-19.

Selanjutnya, terkait progres penyelesain ganti rugi tanah warga yang terkena dampak proses pembangunan jembatan di Desa Lemo dan Desa Sikan- Tumpung Laung, ucap dia, bahwa penyelesaian ganti rugi tanah warga Sikan, Tumpung Laung dan Desa Lemo saat ini dalam proses pendataan dan penganggaran oleh tim penilai tanah pada  2021.

Menanggapi pemandangan umum Fraksi PDI Perjuangan, Pemkab Barito Utara menerima dan menyambut baik saran dari fraksi PDI Perjuangan agar dalam penyusunan raperda APBD 2021, sektor pendidikan, kesehatan, infrastruktur dan SDM menjadi skala prioritas.

Selanjutnya, menanggapi pemandangan umum Fraksi Gerindra dari sektor pendidikan, Wabup Sugianto Panala Putra mengatakan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran selama pandemi COVID-19, Pemkab Barito Utara melalui Dinas Pendidikan telah melaksanakan pembelajaran dengan metode luring dan daring.

"Pelaksanaan pembelajaran melalui metode luring dan daring ini berpedoman pada keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri. Hal ini juga sekaligus menanggapi pemandangan umum Fraksi PKB,” kata Wabup.

Menanggapi pemandangan umum Fraksi Amanah Rakyat Karya Sejahter, terkait belum selesainya pembangunan jembatan Sungai Benao, Wabup menjelaskan bahwa pembangunan jembatan Sungai Benaro dikerjakan melalui program CSR dan sampai saat ini belum diserahterimakan ke pemerintah daerah.