Upaya tingkatkan partisipasi pemilih di Barsel terus dipacu

id Pemkab barsel, buntok, kpu kalteng, harmain ibrohim, sosialisasi pilkada kalteng

Upaya tingkatkan partisipasi pemilih di Barsel terus dipacu

Ketua KPU Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim saat pemaparan pada sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara di Buntok, Jumat, (4/12/2020). (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Sosialisasi pemungutan dan penghitungan suara untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada pemilihan kepala daerah (pilkada) gubernur dan wakil gubernur dilaksanakan di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah.

"Sosialisasi kami laksanakan secara serentak pada kabupaten/kota di provinsi ini," kata Ketua KPU Kalimantan Tengah, Harmain Ibrohim di Buntok, Jumat.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan secara serentak ini lanjut dia, sebagai narasumbernya dari tokoh masyarakat, Satuan Tugas Penanganan COVID-19 dan dari KPU Kalteng.

Ia menjelaskan, narasumber dari tokoh masyarakat memaparkan mengenai pentingnya memilih calon gubernur dan wakil gubernur pada 9 Desember 2020.

Sedangkan dari satgas menjelaskan tentang konsep yang telah ditetapkan melalui peraturan KPU terkait pemilihan yang aman, maka Tempat Pemungutan Suara (TPS) dijamin sehat.

Dalam sosialisasi ini, pihaknya mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama, serta pemuda yang diharapkan bisa menyampaikan kepada masyarakat lainnya supaya jangan ragu datang ke TPS pada 9 Desember 2020 nanti.

Guna menjamin keamanan dalam pemilihan di tengah pandemi Corona Virus Diaease -19 (COVID-19), petugas KPPS juga sudah dilakukan tes cepat atau rapid test.

"Begitu juga dengan TPS nantinya akan disemprotkan desinfektan dan kami juga sudah menyiapkan alat pelindung diri (APD) bagi petugas, termasuk menyiapkan alat cuci tangan dan pengukur suhu," jelasnya.

Demikian halnya dengan mekanisme pemungutan suaranya juga sudah diatur, termasuk waktu kedatangan pemilih ke TPS.

Pada intinya dalam pelaksanaan pemungutan suara 9 Desember 2020 nanti tetap menerapkan protokol kesehatan.