Wakapolda sebut penerapan protokol kesehatan di Pilkada Kotim berjalan baik

id Wakapolda sebut penerapan protokol kesehatan di Pilkada Kotim berjalan baik, pilkada Kotim, Sampit, Kotim, Kotawaringin Timur, wakapolda Kalteng, Indr

Wakapolda sebut penerapan protokol kesehatan di Pilkada Kotim berjalan baik

Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Indro Wiyono memantau suasana pemungutan suara dan penerapan protokol kesehatan di sejumlah TPS di Sampit, Rabu (9/12/2020). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Wakapolda Kalimantan Tengah Brigjen Indro Wiyono menilai penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan pemilu kepala daerah di Kabupaten Kotawaringin Timur, secara umum berjalan dengan baik.

"Hasil pantauan saya sejauh ini semua berjalan aman. Semua mematuhi protokol kesehatan. 
Semua memakai masker, mencuci tangan, memakai sarung tangan dan tidak terjadi kerumunan," kata Indro Wiyono di Sampit, Rabu.

Indro Wiyono memantau pemungutan suara di sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Sampit. Selain untuk memantau pengamanan pesta demokrasi ini, dia juga ingin memastikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 diterapkan dengan baik sesuai anjuran pemerintah.

Sejak Selasa (8/12), Indro Wiyono berkeliling memantau situasi menjelang pemungutan suara. Pemantauan dilanjutkan saat hari pelaksanaan pemungutan suara hari ini.

Dia mengapresiasi karena protokol kesehatan dijalankan dengan baik. Kerumunan massa juga tidak sampai terjadi sehingga diharapkan penularan COVID-19 bisa dicegah.

Pelaksanaan pilkada di Kotawaringin Timur diharapkan tetap aman dan lancar hingga selesai semua tahapan. Polda Kalimantan Tengah berharap tidak ada kejadian yang macam-macam, termasuk tidak adanya kerumunan massa hingga tahapan pilkada selesai.

Baca juga: Unggul hasil hitung cepat, ini pidato kemenangan Halikinnor

"Pilkada harus berjalan aman, lancar dan sehat. Jangan sampai ada klaster baru. Sebelumnya kan pilkada sempat ditunda karena kekhawatiran pandemi COVID-19 ini. Makanya sekarang kita terapkan protokol kesehatan secara ketat," demikian Indro Wiyono.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur Siti Fathonah Purnaningsih bersyukur karena dari beberapa TPS yang dipantaunya secara langsung maupun berdasarkan laporan, semua berjalan aman dan sesuai prosedur.

"Teman-teman KPPS juga tertib dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, mulai pencucian tangan, pengecekan suhu tubuh, penyerahan sarung tangan, pemberian tinta yang diteteskan, itu sesuai ketentuan yang berlaku," demikian Siti Fathonah.

Pilkada Kotawaringin Timur 2020 diikuti empat pasang calon yaitu Halikinnor-Irawati, Suprianti Rambat-Muhammad Arsyad, Muhammad Taufiq Mukri-Supriadi dan Muhammad Rudini Darwan Ali-Samsudin.

Baca juga: Halikinnor-Irawati raih suara terbanyak versi hitung cepat LSKP-LSI Denny JA