Bawaslu Gumas angkat bicara terkait sempat tertundanya pemungutan suara

id gunung mas,Bawaslu Gumas angkat bicara terkait sempat tertundanya pemungutan suara,pilkada kalteng,bawaslu gumas

Bawaslu Gumas angkat bicara terkait sempat tertundanya pemungutan suara

Ketua Bawaslu Gumas Walman Tristianto. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Walman Tristanto angkat bicara terkait penundaan pemungutan suara dua tempat pemungutan suara di wilayah itu pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020 karena faktor cuaca.

“Penundaan pemungutan suara di dua TPS tersebut terjadi karena kondisi cuaca, jadi tidak ada yang melanggar aturan. Itu force majeure,” ucap Walman saat dibincangi awak media di Kuala Kurun, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan force majeure adalah gangguan alam seperti hujan deras, banjir, tsunami, gempa bumi, angin puting beliung, dan lain sebagainya.

Menurut dia, jika terjadi gangguan alam seperti itu maka penundaan pemungutan suara bisa saja dilakukan dan pemungutan suara bisa dilanjutkan setelah gangguan alam tersebut berakhir.

Baca juga: Pangdam XII/Tanjungpura dan Kapolda Kalteng kunjungi lokasi pengembangan singkong di Gumas

Artinya, penundaan pemungutan suara yang dilakukan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) sudah sesuai dengan aturan dan ketentuan yang berlaku, serta tidak melanggar aturan.

Saat itu, sambung dia, sebelum terjadinya gangguan alam di dua TPS di Gumas para petugas penyelenggara pemilu sudah mengamankan dokumen-dokumen penting seperti surat suara, kotak suara, dan lainnya.

“Intinya penundaan pemungutan suara di dua TPS di Gumas tidak melanggar aturan dan ketentuan. Setelah itu pemungutan suara kembali dilanjutkan dan semua berjalan dengan lancar,” bebernya.

Baca juga: Legislator Gumas minta masyarakat bersabar tunggu hasil penghitungan KPU

Lebih lanjut, saat ini Bawaslu Gumas melalui panitia penyelenggara di tingkat kecamatan, desa dan kelurahan juga mengawasi pengantaran logistik Pilkada Kalteng dari tingkat desa/kelurahan ke kecamatan.

“Informasi yang kami dapat dari panitia pengawas kecamatan, saat ini logistik pilkada sudah berada di kecamatan. Nantinya setelah pelaksanaan pleno di tingkat kecamatan, logistik akan diantar ke kabupaten dengan diawasi oleh panwascam dan dikawal kepolisian,” beber Walman.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gumas Stepenson mengatakan proses pemungutan suara di dua TPS di kabupaten itu sempat terhenti karena faktor cuaca.

Dia menjelaskan, dua TPS tersebut adalah TPS 1 Desa Sepang Kota Kecamatan Sepang yang sempat terhenti sekitar 30 menit karena angin kencang menerbangkan tenda TPS, dan TPS 2 Desa Takaras Kecamatan Manuhing yang sempat terhenti sekitar satu jam lebih karena hujan deras yang merobohkan tenda TPS.

“Walau sempat terhenti, pemungutan suara di dua TPS tersebut dapat kembali dilanjutkan karena semua dokumen sempat diamankan,” jelas Stepenson.

Baca juga: Masyarakat desa di Gumas disiplin terapkan protokol kesehatan pada pilkada

Baca juga: Pemungutan suara dua TPS di Gumas sempat terhenti

Baca juga: Legislator Gumas: Yang kalah harus berlapang dada