Legislator minta DPU Gumas segera perbaikan jembatan di Tumbang Empas

id DPU Gumas,Legislator Gunung Mas,Legislator minta DPU Gumas segera perbaikan jembatan di Tumbang Empas

Legislator minta DPU Gumas segera perbaikan jembatan di Tumbang Empas

Legislator Gumas Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan meminta kepada Dinas Pekerjaan Umum setempat agar segera memperbaiki sebuah jembatan di wilayah Desa Tumbang Empas Kecamatan Mihing Raya yang saat ini putus.

“Jembatan tersebut merupakan jembatan penghubung lintas kabupaten dari Kuala Kurun Kecamatan Kurun menuju Kelurahan Sepang Simin Kecamatan Sepang,” ucap Rayaniatie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Menurut dia, jembatan tersebut terbilang vital karena merupakan jembatan penghubung beberapa kecamatan. Akibat putusnya jembatan tersebut masyarakat terpaksa harus menggunakan jalan provinsi untuk mobilisasi barang maupun orang.

Politisi Partai Amanat Nasional ini menyebut, mengingat pentingnya jembatan tersebut bagi masyarakat sekitar, dia meminta kepada DPU Kabupaten Gumas agar segera memperbaiki jembatan di Tumbang Empas tersebut.

Baca juga: DPKP Gumas akan salurkan ratusan ribu benih ikan untuk belasan pokdakan

Disamping itu, dia juga menekankan pentingnya kesadaran pengguna jalan Kuala Kurun – Sepang Simin agar tidak melebihi tonase saat melintas di jembatan tersebut, mengingat jembatan tersebut hanya berbahan kayu.

Lebih lanjut, legislator dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini juga meminta kepada perusahaan besar swasta yang ada di wilayah itu agar membantu memperbaiki jembatan.

“PBS yang ada di sana saya harap mau membantu pembenahan jembatan yang putus, karena mereka juga menggunakan jembatan tersebut,” kata Rayaniatie yang merupakan anggota Komisi II DPRD Gumas yang membidangi perekonomian dan pembangunan.

Terpisah, Kepala DPU Gumas Baryen mengatakan pihaknya sudah meninjau langsung jembatan di Tumbang Empas yang putus, bersama-sama masyarakat dan pihak lainnya yang ada di desa setempat.

Baca juga: Legislator Gumas sesalkan desa tidak cairkan DD dan ADD 2020

Saat itu, sambung dia, DPU Gumas meminta dukungan masyarakat setempat, jika bisa menyiapkan bahan-bahan untuk memperbaiki jembatan. Hanya saja masyarakat tidak mampu untuk menyiapkan berbagai bahan yang diperlukan.

Oleh sebab itu, sambung dia, DPU Gumas saat ini sedang mempersiapkan berbagai hal untuk memperbaiki jembatan tersebut supaya dapat segera dilakukan perbaikan dan dapat digunakan kembali oleh masyarakat.

“DPU Gumas akan mencari sumber daya dari luar. Jika sumber daya sudah siap maka akan segera kami perbaiki. Intinya saat ini kami sedang melakukan berbagai persiapan untuk memperbaiki jembatan tersebut,” demikian Baryen.

Baca juga: Kabupaten Gumas dapat alokasi 682 vaksin COVID-19

Baca juga: Ketua DPRD apresiasi kinerja Polres Gumas sepanjang 2020

Baca juga: Satu desa di Gumas tidak lakukan pencairan DD dan ADD 2020