Penggunaan Pertamax dan Pertamax Turbo di Kalteng meningkat

id Pertamina, Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan, nataru, pertamax, pertamax turbo, natal dan tahun baru 2021

Penggunaan Pertamax dan Pertamax Turbo di Kalteng meningkat

ILUSTRASI - Petugas mengisi BBM jenis Pertamax Turbo ke kendaraan konsumen di SPBU Abdul Muis, Jakarta, Minggu (25/2). (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/kye/18.)

Palangka Raya (ANTARA) - Pertamina Marketing Operation Region (MOR) VI Kalimantan menyampaikan, terjadi peningkatan konsumsi atau penggunaan bahan bakar minyak (BBM) berjenis gasoline yang terdiri dari Pertamax dan Pertamax Turbo.

Peningkatan konsumsi Pertamax wilayah Kalimantan pada masa Natal dan tahun baru 2021 meningkat 14 persen atau 658 KL per hari dari konsumsi normal harian yaitu 584 KL per hari, serta Pertamax Turbo meningkat 28 persen atau 24 KL per hari dari konsumsi normal harian yaitu 19 KL per hari, kata Executive General Manager Regional Kalimantan Freddy Anwar dalam rilisnya.

"Untuk Kalimantan Tengah, Pertamax meningkat konsumsinya sebesar tujuh persen atau 207 KL per hari dibandingkan konsumsi normal harian yaitu 195 KL per hari," katanya, Rabu.

Sedangkan Pertamax Turbo, konsumsinya juga meningkat, yakni sebesar sembilan persen atau 6,4 KL per hari dari konsumsi normal harian sebesar 5,9 KL per hari.

Kemudian Kalimantan Timur, Pertamax mengalami peningkatan konsumsi sebesar tiga persen atau 65 KL per hari dibandingkan konsumsi normal harian yaitu 36 KL per hari dan Pertamax Turbo, konsumsi meningkat sebesar 28 persen atau tujuh KL per hari dari konsumsi normal harian sebesar enam KL per hari.
 
Kalimantan Barat juga mengalami tren kenaikan untuk Pertamax yaitu 78 persen atau 65 KL per hari dari konsumsi normal harian 36 KL per hari, serta Pertamax Turbo meningkat 29 persen atau 2,4 KL per hari dibandingkan konsumsi normal harian 1,9 KL per hari.

Pertamax di Kalimantan Selatan mengalami peningkatan sebesar 12 persen atau 258 KL per hari dari konsumsi normal hariannya sebesar 231 KL per hari, serta Pertamax Turbo mengalami peningkatan juga yaitu 46 persen atau delapan KL per hari) dari konsumsi normal harian  enam KL per hari.
 
Selanjutnya Kalimantan Utara mengalami tren kenaikan untuk Pertamax yaitu 25 persen atau 11 KL per hari dari konsumsi normal harian 8,7 KL per hari, namun belum ada konsumsi Pertamax Turbo di wilayah setempat.
 
"Tren peningkatan konsumsi yang positif ini memperlihatkan bahwa banyak masyarakat yang sudah lebih sadar akan bahan bakar yang berkualitas," jelasnya.

Ia mengatakan, Pertamax dengan RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98, menunjukkan pengendara atau masyarakat sudah mengetahui produk mana yang berkualitas, tak hanya untuk kesehatan kendaraan, namun juga untuk lingkungan yang lebih baik.