2.062 orang tenaga kesehatan Kapuas prioritas vaksinasi COVID-19

id 2.062 orang tenaga kesehatan Kapuas prioritas vaksinasi COVID-19, Kapuas, vaksin

2.062 orang tenaga kesehatan Kapuas prioritas vaksinasi COVID-19

Inilah gudang farmasi untuk penyimpanan vaksin yang berada di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Desa Pulau Telo, Kecamatan Selat, Kota Kuala Kapuas, Kabupaten Kapuas, Rabu (6/1/2021). ANTARA/All Ikhwan

Kuala Kapuas (ANTARA) - Sebanyak 2.062 tenaga kesehatan di Kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah akan menjadi prioritas dalam program vaksinasi COVID-19 yang segera dimulai.

"Berdasarkan data dari Kemenkes, jumlah tenaga kesehatan di Kapuas yang akan divaksin sebanyak 2.062 orang. Jumlah itu termasuk tenaga kesehatan yang bekerja di fasilitas layanan kesehatan dan tenaga kesehatan TNI dan tenaga kesehatan Polri," kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kapuas, Apendi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, dr Tri Setya Utami di Kuala Kapuas, Rabu.

Dikatakannya, vaksin COVID-19 direncanakan tiba di Kabupaten Kapuas, pada 8 Januari 2020. Terkait berapa jumlah vaksin yang akan dikirim di daerah setempat, Tri mengaku belum mengetahui secara pasti karena belum mendapatkan informasi.

"Saya belum dapat informasi karena kan harus disesuaikan juga dengan kapasitas kita punya kulkas untuk penyimpanan vaksin," katanya.

Untuk persiapan pelaksanaan vaksinasi, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Tengah, sehubungan dengan penyuntikan perdana vaksin COVID-19 di daerah setempat.

Pemerintah daerah setempat melalui Dinas Kesehatan telah siap menerima kedatangan vaksin COVID-19. Bahkan tempat untuk penyimpanan vaksin COVID-19 telah mereka siapkan.

"Untuk penyimpanan vaksin saya rasa tidak masalah karena semua Puskesmas sudah memiliki tersendiri kulkas untuk penyimpanan vaksin," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga mempunyai gudang farmasi untuk penyimpanan vaksin yang berada di Jalan Trans Kalimantan, tepatnya di Desa Pulau Telo Kecamatan Selat.

Baca juga: Begini cara pembuat tahu di Kapuas menyiasati kenaikan harga kedelai

Selain itu, tenaga kesehatan yang akan bertugas melaksanakan vaksinasi juga telah disiapkan di puskesmas masing-masing dan tinggal diberikan pelatihan.

"Dalam waktu dekat Kementerian Kesehatan akan melaksanakan pelatihan secara intensif kepada seluruh tenaga vaksinator se-Indonesia yang dibagi beberapa gelombang, dan kita dari Kapuas juga akan diikutkan," katanya.

Ditambahkannya, tujuan vaksinasi sangat baik untuk pencegahan penyakit menular. Untuk itulah Dinas Kesehatan Kapuas berharap agar masyarakat dan para tokoh lintas sektor dapat mendukung program vaksinasi COVID-19 ini.

"Kami juga berharap masyarakat tidak serta merta mengambil sumber-sumber informasi yang tidak jelas sumbernya atau hoax," demikian Tri Setya Utami.

Baca juga: Harga cabai rawit di pasar induk Kapuas meroket