Bupati Edy Pratowo beri semangat korban kebakaran Pasar Bahaur

id Bupati Edy Pratowo beri semangat korban kebakaran Pasar Bahaur

Bupati Edy Pratowo beri semangat korban kebakaran Pasar Bahaur

Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran Pasar Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala. ANTARA/ HO-Bagian Protokol Setda Pulang Pisau

Pulang Pisau  (ANTARA) -
Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Edy Pratowo memberikan suntikan semangat kepada para pedagang dan warga di Pasar Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala yang kios dan rumahnya terbakar. 
 
“Mudah-mudahan musibah dan bencana tidak terjadi lagi di kabupaten setempat,” kata Edy Pratowo saat mengunjungi lokasi kebakaran, Kamis.
 
Polisi masih melakukan penyelidikan penyebab terjadinya kebakaran yang meluluhlantakkan sebanyak 23 kios atau toko, sembilan rumah penduduk dan enam bangunan sarang walet yang terjadi, Rabu (20/1/2021).
 
Edy Pratowo yang melihat dari dekat lokasi kebakaran di Pasar Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala, juga menyerahkan bantuan kepada korban kebakaran. Dirinya berharap bantuan yang diberikan sebagai bentuk keprihatinan dari pemerintah setempat untuk bisa meringankan korban bersama keluarga yang tertimpa musibah. 
 
Pemerintah secara bertahap juga akan memberikan perhatian kepada Pasar Bahaur yang menjadi pusat perekonomian bagi masyarakat di Kecamatan Kahayan Kuala ini. 
 
Edy Pratowo di sela melihat lokasi kebakaran Pasar Bahaur juga menyempatkan diri berdialog dengan para korban. Ia berharap seluruh masyarakat di kabupaten setempat berdoa agar dijauhkan dari segala bencana dan selalu mendapat perlindungan dari Tuhan Yang Maha Esa. 
 
Kapolres Pulang Pisau AKBP Yuniar Ariefianto melalui Kasatreskrim Iptu John Digul Manra mengatakan, versi kepolisian mencatat, kebakaran menghanguskan sebanyak 23 kios/toko, sembilan rumah penduduk dan enam bangunan sarang walet terbakar dalam musibah ini. 
 
Api yang menjadi pemicu kebakaran dilihat oleh warga sekitar pukul 22.40 WIB dari sebuah kios yang tidak ada penghuninya. Salah satu warga bernama Kaspul Anwar bersama rekannya yang berada di pasar tersebut melihat api dengan cepat berkobar melalap bangunan kios yang sebagian besar terbuat dari bahan kayu. 
 
“Api baru bisa dipadamkan sekitar dua jam, setelah mobil pemadam kebakaran dari BPBD setempat dibantu pemadaman dari BPK Mahakam Kapuas, BPK Anjir Batola Kalsel bersama masyarakat sekitar,” terang Digul.
 
Peristiwa kebakaran tersebut menyebabkan sebanyak 29 kepala keluarga (KK) dan 81 warga kehilangan tempat tinggal, termasuk harta benda yang di milikinya. 
 
Kerugian akibat kebakaran di Pasar Bahaur ini ditaksir mencapai miliaran rupiah. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. 
 
John Digul menambahkan, hingga saat ini pihaknya masih melakukan penyelidikan di tempat kejadian perkara dengan mengamankan lokasi dengan mengumpulkan dari keterangan saksi-saksi untuk mengetahui penyebab kebakaran. 
 
Polres Pulang Pisau juga berkoordinasi dengan Puslabfor Polda Jawa Timur dalam mengungkap penyebab peristiwa kebakaran yang terjadi di Pasar Bahaur yang terjadi pada awal tahun ini, setelah pada 2017 lalu kawasan Pasar Bahaur ini juga pernah terbakar hebat.

Baca juga: Pembangunan kesehatan di Barsel difokuskan pada promotif dan preventif

Baca juga: Ini penyebab Bupati Barsel tidak bisa menggunakan hak pilih
 

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar