Menang atas Elche, Barcelona amankan posisi ketiga Liga Spanyol

id Barcelona,Menang atas Elche, Barcelona amankan posisi ketiga Liga Spanyol,Antoine Griezmann,Stadion Martinez Valero,Liga spanyol,Frenkie de Jong

Menang atas Elche, Barcelona amankan posisi ketiga Liga Spanyol

Gelandang Barcelona Frenkie de Jong (kiri) melakukan selebrasi bersama rekan-rekannya seusai mencetak gol ke gawang Elche dalam lanjutan Liga Spanyol di Stadion Martinez Valero, Elx, Spanyol, Minggu (24/1/2021). (ANTARA/REUTERS/Pablo Morano)

Jakarta (ANTARA) - Barcelona kembali mengamankan posisi ketiga klasemen sementara Liga Spanyol selepas menang 2-0 di markas Elche dalam laga pekan ke-20 Liga Spanyol di Stadion Martinez Valero, Minggu.



Frenkie de Jong dan Riqui Puig mencetak dua gol kemenangan Barcelona yang membuat mereka kini mengumpulkan 37 poin dan kembali menduduki posisi ketiga setelah sempat disalip Sevilla (36) sehari sebelumnya.



Sedangkan Eche (17) yang kini sudah 12 pertandingan beruntun tak merasakan kemenangan kian terperosok di zona degradasi menempati urutan ke-19, demikian catatan laman resmi Liga Spanyol.



Kendati tanpa Lionel Messi yang masih menjalani hukuman sanksi larangan tampil karena kartu merah di final Piala Super Spanyol, Barcelona tetap memasuki pertandingan dengan kemampuan menyerang yang mumpuni.



Sayangnya, peluang bagus pertama mereka lewat sepak pojok Ousmane Dembele masih berakhir dengan tandukan Ronald Araujo yang melayang di atas mistar gawang pada saat pertandingan baru berjalan enam menit.



Enam menit berselang, Dembele kembali mengirim umpan silang yang bagus ketika mengeksekusi tendangan bebas, tetapi kali ini sundulan Antoine Griezmann yang mudah dijinakkan kiper Edgar Badia.



Setelah banyak peluang terbuang, Barcelona akhirnya memecahkan kebuntuan pada menit ke-39 saat De Jong memberi sentuhan terakhir atas bola sapuan Diego Gonzalez yang sudah mengarah ke gawang Elche sendiri.



Tuan rumah hampir mencetak gol balasan instan dua menit kemudian ketika Samuel Umtiti terpeleset di area pertahanan Barcelona, memberi kesempatan Josan Fernandez melakukan tusukan, sayangnya tembakan penyelesaiannya masih mampu dihentikan oleh kiper Marc Andre ter Stegen.



Keunggulan 1-0 yang dimiliki Barca hingga turun minum hampir digandakan oleh Dembele pada menit ke-56 saat ia menerima umpan kiriman Pedri, tetapi tembakannya masih bisa ditepis oleh Badia.



Kerja keras Barca terus berlanjut tetapi lagi-lagi Badia melakukan penyelamatan gemilang pada menit ke-83 untuk menghalau bola tembakan Trincao.



Tiga menit berselang, Badia kembali unjuk kemampuan lewat reaksi cepatnya menghentikan laju bola sundulan Trincao menyambut umpan silang Griezmann.



Sayangnya, pada menit ke-89 Badia tidak berkutik ketika Puig, yang baru dua menit merumput masuk menggantikan Pedri, mampu menyambut umpan silang De Jong dengan tandukan tajam untuk menyarangkan bola ke pojok kiri atas gawang demi melengkapi kemenangan Barcelona 2-0 atas Elche.



Elche akan main lebih awal di pertandingan selanjutnya pada Sabtu (30/1) pekan depan ketika melawat ke markas Valencia, sedangkan Barcelona menjamu Athletic Bilbao sehari berselang.



Namun, sebelum itu Barcelona bakal lebih dulu melakoni laga 16 besar Copa del Rey di markas tim kasta kedua Rayo Vallecano pada Rabu (27/1).