Bidang Infrastruktur masih dominasi usulan di Kumai

id Pemkab kobar, kotawaringin barat, pangkalan bun, kumai, nurhidayah

Bidang Infrastruktur masih dominasi usulan di Kumai

Bupati Kobar Nurhidayahmenghadiri musrenbang tingkat Kecamata Kumai, Kamis, (18/2/2021). (ANTARA/Ho-Prokom Kobar)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Bidang infrastruktur masih mendominasi usulan dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah.

Ada beberapa usulan, namun ada hal yang sangat strategis dan perlu diprioritaskan yaitu peningkatan jalan akses antar desa, termasuk jalan menuju sentra produksi, kata Camat Kumai Yudhi Hudaya sesuai rilis yang dikirim Prokom Kobar, Jumat.

"Selain itu penanganan abrasi di daerah pesisir, pembangunan pasar ikan Kumai dan penanganan sampah," katanya.

Musrenbang dilaksanakan secara terbuka di halaman kantor Kecamatan Kumai dihadiri Bupati Nurhidayah dan Ketua DPRD Kobar Muhammad Rusdi Gozali, para kepala desa, tokoh masyarakat dan pihak terkait lainnya.

Yudhi dalam kesempatan itu menuturkan, usulan yang dia sampaikan sangat strategis dan perlu diprioritaskan oleh Pemkab Kobar pada tahun anggaran 2022 karena berdampak terhadap aspek ekonomi dan sosial masyarakat.

Sementara itu, Bupati Kobar Nurhidayah pada kesempatan tersebut menyampaikan, musrenbang merupakan sarana merencanakan pembangunan dengan pendekatan partisipasif yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan.

"Dengan demikian masyarakat diberi ruang untuk terlibat dalam setiap tahapan, sehingga setiap usulan rencana kegiatan harus dirasakan manfaatnya bagi kepentingan masyarakat secara umum," kata bupati perempuan pertama di Kobar ini.

Ia mengaku, menyadari bahwa harapan dan kebutuhan masyarakat sangatlah luas dan kompleks. Akibatnya tak jarang anggaran yang tersedia tak mampu mengakomodasi setiap usulan, terlebih pada masa pandemi COVID-19 ini.

"Kami menyadari tidak semua kegiatan pembangunan yang sudah dititipkan kepada kami sebagai pemegang amanah ini, bisa menyenangkan hati dari bapak-ibu semua, khususnya di Kecamatan Kumai. Namun dengan kehadiran kami dan dalam keterbatasan yang ada ini, diharapkan dapat membawakan perencanaan program-program yang matang di 2022 yang akan datang," ujarnya.

Untuk itu, Bupati mengingatkan agar kegiatan musrenbang kali ini dapat merumuskan dan menyepakati usulan program yang memang benar-benar prioritas.