Politeknik Banjarmasin beri jalur masuk khusus siswa penghafal Al Quran

id poliban banjarmasin,jalur khusus,siswa penghapal al quran

Politeknik  Banjarmasin beri jalur masuk khusus siswa penghafal Al Quran

Kampus Politeknik Negeri Banjarmasin. (ANTARA/Istimewa)

Banjarmasin (ANTARA) - Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Provinsi Kalimantan Selatan memberikan jalur masuk khusus bagi siswa penghafal Al Quran untuk menempuh pendidikan tinggi di kampus tersebut pada tahun akademik 2021--2022.

Menurut Wakil Direktur 1 Politeknik Negeri Banjarmasin H Ahmad Rizani ST MT di Banjarmasin, Sabtu, bagi siswa lulus tahun ini memiliki kemampuan menghafal Al-Qur'an bisa masuk lewat jalur prestasi di kampusnya.

"Jadi ada jalur prestasi dibidang keagamaan khusus di kampus kita tahun ini diterima mahasiswa baru, minimal hafal satu juz Al-Qur'an, ini akan kita uji prestasinya," ujarnya.

Selain kemampuan dibidang keagamaan itu, Ahmad Rizani juga memaparkan tiga katagori lagi untuk bisa masuk jalur prestasi ini, kuotanya 5 persen dari seluruh kuota mahasiswa baru yang diterima tahun ini.

"Di bidang olahraga, seni dan sains," sebutnya.

Menurut dia, untuk tiga bidang ini, juga harus dibuktikan prestasinya, yakni, jika di tingkat nasional minimal meraih prestasi dapat juara harapan dua, jika di tingkat regional minimal juara tiga, jika di tingkat provinsi minimal juara dua dan jika di tingkat kabupaten/kota harus juara satu.

Disebutkan dia, jalur prestasi masuk kampus Poliban tahun ini dijadwalkan dari 12--23 April 2021.

"Jadi jangan dilewatkan kesempatan ini bagi siswa yang berprestasi ingin menjadi ahli atau tenaga profisional siap kerja di industri," papar Ahmad Rizani.

Dia menyampaikan pula pada webiner sosisalisasi penerimaan mahasiswa baru Politeknik Negeri Banjarmasin tahun akademik 2021--2022 secara daring, Jumat (17/2) bersama siswa siswi SMA/MA/SMK seluruh Indonesia, bahwa penerimaan tahun ini ada enam jalur.

Adapun enam jalur penerimaan mahasiswa baru untuk 19 program studi pada lima jurusan tersebut dengan jadwalnya adalah jalur Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) dari 11 Januari hingga 19 Maret 2021.

Kemudian jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dari 15--24 Februari 2021, jalur prestasi dari 12--23 April 2021.

Selanjutnya, jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) dari 15 Maret hingga 1 April 2021, jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dari 10 Mei hingga 10 Juni 2021 dan jalur mandiri dari 21 Juni hingga 23 Juli 2021.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar