Disdukcapil Kobar beri pelayanan adminduk di kawasan pesisir

id Disdukcapil Kobar beri pelayanan adminduk di kawasan pesisir, kobar, pangkalan Bun

Disdukcapil Kobar beri pelayanan adminduk di kawasan pesisir

Disdukcapil Kobar saat memberikan pelayanan adminduk di Desa Sebuai, Kecamatan Kumai, Sabtu (20/2/2021). ANTARA-HO-Disdukcapil Kobar

Pangkalan Bun (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah, mengerahkan tim untuk memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di kawasan pesisir, di antaranya di Desa Sebuai, Kecamatan Kumai.

"Betul, hari Sabtu ini kami mengerahkan tim untuk memberikan pelayanan jemput bola perihal adminduk di Desa Sebuai," ujar Kepala Disdukcapil Kobar Drs H Gusti Imansyah di Pangkalan Bun, Sabtu.

Adminduk yang dilayani di antaranya pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik, kartu keluarga (KK), akta kelahiran, dan Kartu Identitas Anak (KIA).

Perekaman data dilakukan secara offline. Setelah itu baru hasil perekaman diinput ke sistem data dan dicetak fisiknya untuk kemudian diserahkan kepada warga.

Terkait antusiasme warga, Gusti Imansyah menilai cukup baik. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat Desa Sebuai untuk melengkapi dokumen kependudukan cukup baik pula.

Ia menuturkan, pihaknya melakukan aksi jemput bola hingga ke kawasan pesisir, tidak lain untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam mendapatkan dokumen kependudukan.

"Untuk memberikan kemudahan bagi warga dalam mendapatkan dokumen KTP-el, KK, akta kelahiran, KIA, dan lain-lain," tuturnya.

Selain itu, aksi jemput bola tersebut juga dimaksudkan untuk membantu warga yang sedang dalam masalah hingga tidak bisa mengurus sendiri dokumen kependudukan yang disyaratkan pemerintah.

"Kita turut memberikan pelayanan kepada warga yang bermasalah seperti orang tua, orang sakit, dan orang dengan gangguan kejiwaan," sebut Kepala Dinas yang pernah menjadi Camat Jelai sebelum pemekaran Kabupaten Sukamara.

Baca juga: Pasar Bahari Kumai diharapkan mampu mendukung perekonomian masyarakat

Semua itu, lanjut dia, dilakukan dengan harapan bisa semakin meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya warga Desa Sebuai, dalam memahami makna pentingnya dokumen kependudukan.

Oleh sebab itu, dalam kesempatan tersebut, Gusti Imansyah juga memberikan sosialiasi mengenai administrasi kependudukan kepada masyarakat.

Di sisi lain, Gusti Imansyah juga menyampaikan bahwa sejak dirinya menjabat sebagai kepala Disdukcapil Kobar, hampir setiap hari melaksanakan prosesi perkawinan catatan sipil.

"Hampir setiap hari kita melaksanakan prosesi perkawinan catatan sipil baik di kantor Disdukcapil, di rumah mempelai, maupun tempat ibadah non Muslim. Semua layanan gratis sejak saya menjabat Kadisdukcapil Kobar," demikian Gusti Imansyah.

Baca juga: Bidang Infrastruktur masih dominasi usulan di Kumai