Gubernur dorong optimalisasi pengembangan pariwisata di Sukamara

id Pemprov kalteng, kalimantan tengah, sugianto sabran, pantai sukamara, pariwisata sukamara, pantai tanjung nipah

Gubernur dorong optimalisasi pengembangan pariwisata di Sukamara

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran (kedua kiri) didampingi Bupati Sukamara Windu Subagio (kanan) saat kunker ke Sukamara, Selasa, (23/2/2021). (ANTARA/Donefrid Lalang)

Sukamara (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengatakan, banyak potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di wilayah setempat, salah satunya berada di Kabupaten Sukamara.

"Pantai wisata yang ada di Sukamara sudah sangat bagus, menjanjikan, namun harus didorong lagi baik oleh pemerintah kabupaten, provinsi maupun pusat," katanya di Sukamara, Selasa.

Ia pun meminta agar pemerintah kabupaten membuat rencana utama atau master plan terkait sektor pariwisata agar pengembangannya lebih terarah.

Hal itu dikatakannya melalui rilis yang disampaikan Diskominfosantik Kalteng. Sugianto didampingi Bupati Sukamara Windu Subagio beserta jajaran, meninjau langsung infrastruktur di Pantai Wisata Tanjung Nipah, Desa Sungai Raja, Kecamatan Jelai.

Dalam kesempatan itu, selain berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait, ia juga menyusuri daerah pantai untuk melihat kondisi infrastruktur dan perkembangan perekonomian daerah setempat.

Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Sukamara Abdul Syukur menjelaskan, Pantai Wisata Tanjung Nipah sejak 2020 telah dikelola pemerintah kabupaten.

"Pengelolaan pantai mulai 2020 oleh pemerintah kabupaten. Sekarang ini kita sudah ada retribusi untuk pengelolaan pantai," terangnya.

Kini melalui pengembangan yang dilakukan secara bertahap tersebut, seiring berjalannya waktu pantai ini mulai banyak dikunjungi oleh wisatawan. Peningkatan pengunjung kurang lebih hingga 400 orang dibanding 2019.

"Dibanding 2019 sebelum pandemi, jumlah pengunjung ada peningkatan," tambahnya.

Abdul Syukur menegaskan, untuk mendukung serta mencegah penyebaran COVID-19 di kawasan wisata, penerapan protokol kesehatan pun dilakukan secara ketat, baik terhadap wisatawan maupun lainnya. Kedepan diharapkan sarana dan prasarana yang ada di kawasan pantai tersebut bisa ditingkatkan.

"Kami menyambut baik kedatangan gubernur ke pantai ini. Kedepan semoga ada peningkatan, kami pun bisa tahu apa kekurangan wisata disini, supaya bisa dibenahi dan terus ditingkatkan," katanya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar