Dekranasda Kalteng dorong peningkatan jangkauan pasar UMKM

id Pemprov kalteng, kalteng, kalimantan tengah, palangka raya, dekranasda kalteng, yulistra ivo sugianto sabran, umkm

Dekranasda Kalteng dorong peningkatan jangkauan pasar UMKM

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran meninjau sentra UMKM Gerakan Masyarakat Wirausaha atau Gema Wira yang berada di Jalan Muara Teweh Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin, (1/3/2021). (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya mendorong peningkatan jangkauan pasar dari para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah setempat.

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran, Senin, mengunjungi sentra UMKM Gerakan Masyarakat Wirausaha atau Gema Wira yang berada di Jalan Muara Teweh Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Kunjungan ini untuk membantu pemasaran produk-produk dari sentra UMKM agar dapat dikenal secara lebih luas oleh masyarakat, serta diterima di dalam pasar nasional dan internasional," katanya dalam rilis yang disampaikan Diskominfosantik Kalteng.

Pihaknya ingin mendorong pemasaran dan membantu pergerakan UMKM masyarakat dalam upaya peningkatan perekonomian daerah.

"Kami mencoba membantu seperti pemasarannya dan pengemasannya. Setelah saya melakukan peninjauan, pengemasannya masih harus diperbaiki," terangnya.

Lebih lanjut Ivo memaparkan, untuk pemasarannya kedepan akan pihaknya bantu penjualan secara daring atau online yakni dengan pembuatan situs web. Juga akan ada edukasi dari dinas atau perangkat daerah terkait.

Ivo yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK Kalteng ini menjelaskan, dalam kondisi pemulihan ekonomi, pihaknya juga secara gencar telah melakukan sosialisasi, edukasi dan lainnya. Selain itu, pihaknya turut membantu menyampaikan sekaligus menjembatani akses permodalan.

“Dalam recovery (pemulihan) ekonomi, gubernur telah banyak sekali program melalui Dinas Koperasi dan UMKM untuk membantu akses permodalan," terangnya.

Selain itu, pihak perbankan, baik dari Bank Kalteng maupun bank BUMN membuka akses permodalan seperti Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga yang minim. Hal ini juga yang pihaknya sosialisasikan kepada UMKM serta wirausaha lainya agar dapat bangkit.

Adapun selain mengunjungi sentra wirausaha, pihaknya juga mengajak TP PKK kabupaten untuk aktif mengedukasi masyarakat, baik dalam upaya peningkatan perekonomian, protokol kesehatan penanganan pandemi COVID-19 dan lainya.