Satu napi teroris di lapas berikrar setia kepada NKRI

id napi teroris,Satu napi teroris di lapas berikrar setia kepada NKRI, narapidana teroris,Lembaga Pemasyarakatn (Lapas) Kelas IIA Kota Metro

Satu napi teroris di lapas berikrar setia kepada NKRI

Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro, Muchammad Mulyana (ANTARA/HO)

Metro (ANTARA) - Seorang narapidana teroris, MI (23) alias Abu Usamah yang menjalani masa hukuman di Lembaga Pemasyarakatn (Lapas) Kelas IIA Kota Metro menyatakan ikrar setia kepada Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
 
"Beberapa hari yang lalu yang bersangkutan menyatakan ingin berikrar kepada Pancasila dan NKRI serta ingin meninggalkan baiat yang selama ini dia yakini. Dan hari ini sudah terlaksana," kata Kepala Lapas Kelas IIA Kota Metro, Muchammad Mulyana, di Metro, Lampung, Selasa.

Mulyana mengatakan, MI berikrar untuk setia kepada Pancasila dan NKRI atas kemauan dan kesadaran sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun.

Baca juga: Polisi musnahkan bom rakitan di rumah terduga teroris

"Ini murni keinginan dari yang bersangkutan tidak ada paksaan dari petugas atau dari pihak manapun," ucap-nya menegaskan.

Mulyana menjelaskan, MI merupakan napiter asal Kabupaten Aceh Besar yang tertangkap di Thailand ketika hendak pergi ke Suriah dan dideportasi kembali ke Indonesia.

Ia menambahkan, MI masuk ke Lapas Kelas IIA Metro pada akhir tahun 2020 pindahan dari Lapas Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat.

"Yang bersangkutan menjalani masa hukuman empat tahun," ujarnya.

Baca juga: Penangkapan terduga teroris di NTB bertambah jadi lima orang

Baca juga: Empat orang terduga teroris di daerah ini berhasil diamankan

Baca juga: Polisi Diraja Malaysia tangkap enam teroris salah satunya warga Indonesia