Legislator Gumas minta Satgas COVID-19 awasi secara ketat acara pernikahan

id Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah,Rayaniatie Djangkan,Satgas COVID-19,Legislator Gumas minta Satgas COVID-19 awasi acara pernikahan

Legislator Gumas minta Satgas COVID-19 awasi secara ketat acara pernikahan

Legislator Kabupaten Gumas Rayaniatie Djangkan. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Rayaniatie Djangkan meminta Satgas COVID-19 di daerah itu agar mengawasi secara ketat setiap acara pernikahan.

Sebab, masih ada segelintir orang di Gumas yang melaksanakan acara pernikahan namun tidak menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan yang diimbau oleh pemerintah, kata Rayaniatie saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

“Misalnya untuk acara pernikahan saya lihat masih ada panggung hiburan dengan musik yang membuat tamu undangan berjoget. Itu disiarkan secara langsung di media sosial seperti Facebook atau dijadikan status WhatsApp,” ucapnya.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya dan Kurun ini menyebut, tamu undangan yang berjoget tadi tidak lagi memperhatikan protokol kesehatan.

Baca juga: Bupati Gumas ingin capaian MCP ditingkatkan

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini mengaku prihatin melihat tamu undangan yang berjoget dan mengabaikan protokol kesehatan, karena hal itu sangat berisiko menimbulkan munculnya klaster baru COVID-19.

Oleh sebab itu, dia meminta kepada Satgas COVID-19, mulai dari tingkat desa, kecamatan, hingga desa/kelurahan, agar mengawasi acara pernikahan dan memastikan acara tersebut berjalan dengan menerapkan protokol kesehatan.

“Satgas COVID-19 harus tegas menindak siapa saja yang melanggar protokol kesehatan, demi kebaikan bersama. Jika perlu berlakukan sanksi bagi masyarakat yang melanggar protokol kesehatan,” kata dia.

Baca juga: Bupati Gumas serahkan SK pengangkatan 28 orang PPPK

Lebih lanjut, dia juga mengimbau masyarakat agar selalu disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, seperti mengenakan masker saat keluar rumah, rajin mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilisasi.

Menurut dia, kedisiplinan seluruh pihak dalam menerapkan protokol kesehatan merupakan hal yang sangat penting, guna memutus mata rantai penyebaran dan penularan virus yang pertama kali muncul di Negeri Tirai Bambu China tersebut.

“Jika kasus positif COVID-19 terus bertambah, pemerintah tidak bisa fokus pada pembangunan karena hanya disibukkan mengurus COVID-19. Akibatnya masyarakat sendiri yang akan dirugikan. Jadi ayo kita selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan,” demikian Rayaniatie.

Baca juga: Berikut ini tiga sektor terbesar penyumbang PDRB Gumas 2020

Baca juga: Produksi perikanan menurun, ini yang dilakukan DPKP Gumas

Baca juga: Ibadah Jumat Agung dan Paskah tanpa gangguan, Legislator Gumas apresiasi pihak keamanan

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar