DPRD Seruyan harapkan fasilitas pelayanan kesehatan ditingkatkan

id DPRD Seruyan harapkan fasilitas pelayanan kesehatan ditingkatkan, Kalteng, seruyan

DPRD Seruyan harapkan fasilitas pelayanan kesehatan ditingkatkan

Wakil Ketua I DPRD Seruyan Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, (9/11/2020). ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah Bambang Yantoko mendorong pemerintah kabupaten meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan demi kenyamanan masyarakat.

“Saya harap kepada Pemkab Seruyan bisa memperhatikan agar bisa memperhatikan hal tersebut, karena untuk kondisi infrastruktur bangunan bagi RSUD, puskemas maupun pustu yang ada di wilayah setempat memang perlu adanya perhatian. Hal ini berdasarkan kunjungan kerja ataupun reses yang kita lakukan,” kata  Bambang Yantoko di Kuala Pembuang, Senin.

Bambang meminta, kondisi infrastruktur bangunan pelayanan yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) maupun Puskesmas Pembantu (Pustu) khususnya yang ada di wilayah Daerah Pemilihan (Dapil) II yang meliputi Kecamatan Danau Sembuluh, Hanau, Seruyan Raya dan Danau Seluluk.

Menurutnya, kalau infrastruktur ini dibenahi tentu juga akan  berdampak pada peningkatan pelayanan terhadap masyarakat, hal tersebut dikarenakan mereka merasa nyaman dengan yang baik.

Dia mengharapkan untuk ke depan pemerintah melalui pihak terkait agar bisa terus memperhatikan kondisi infrastruktur penunjang yang ada guna terwujudnya peningkatan kualitas derajat kesehatan masyarakat.

Baca juga: Pencegahan korupsi di Seruyan harus ditingkatkan

Ia menyampaikan, selain infrastruktur bangunan yang tidak kalah penting adalah membangun akses jalan menuju fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes), sehingga dengan jalan yang lancar masyarakat akan mudah untuk datang berobat ataupun berkonsultasi.

“Akses jalan menuju fasyankes juga sangat penting untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kita kepada masyarakat kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini,” ungkapnya.

Politisi Partai Golongan Karya itu menambahkan, bahwa  ketersediaan tenaga medis di beberapa puskesmas atau pustu juga masih ada yang kurang. Ini menjadi sebuah tantangan ke depan agar terciptanya atau meratanya jumlah tenaga kontrak kesehatan. Hal lain yang dinilai sangat penting yakni masalah kekosongan dokter di daerah yang berpenduduk cukup padat.

“Hal ini begitu sangat ironis, sehingga perlu perhatian segera dari Pemkab Seruyan agar pelayanan dan penanganan kesehatan masyarakat di wilayah setempat bisa berjalan maksimal,” demikian Bambang.

Baca juga: Nelayan Seruyan sangat membutuhkan bantuan kapal besar