DPRD Seruyan sebut perhatian orangtua mampu cegah kenakalan remaja

id DPRD Seruyan sebut perhatian orangtua mampu cegah kenakalan remaja, Kalteng, Seruyan, DPRD seruyan

DPRD Seruyan sebut perhatian orangtua mampu cegah kenakalan remaja

Anggota DPRD Seruyan, Salidin. ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi

Kuala Pembuang (ANTARA) - Anggota DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Salidin menilai peran orangtua sangat penting dalam mencegah perilaku menyimpang atau kenakalan remaja pada anak dengan meluangkan lebih banyak waktu untuk mereka.

“Saya rasa peran orang itu adalah yang utama dalam mencegah segala kenalan remaja pada anak, karena benteng utamanya itu adalah keluarga, apalagi waktu yang dimiliki juga sangat banyak,” kata Salidin di Kuala Pembuang, Selasa.

Menurut dia, peran dari keluarga dalam mengawasi setiap pergaulan anak sangat dibutuhkan. Hal itu lantaran seorang anak lebih banyak menghabiskan waktu di lingkungan keluarga sehingga keluarga akan memberikan pengaruh besar terhadap tumbuh kembang seorang anak.

“Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan kenalan remaja pada anak, mulai dari salah dalam pergaulan, kesenjangan sosial dan lain sebagainya sehingga sangat penting untuk mencegah hal tersebut sejak dini,” ungkapnya.

Baca juga: Pansus LKPJ 2020 Seruyan diharapkan bekerja secara optimal

Salidin menjelaskan, tanggung jawab tersebut sejatinya juga memerlukan kerjasama serta peran dari seluruh elemen masyarakat yang ada. Dia berharap hal itu bisa menjadi perhatian agar generasi penerus bangsa tidak terjerumus pada kenakalan remaja.

“Ini perlu adanya kerja kita  bersama untuk mencegah terjadinya kenalan remaja, khususnya untuk peran keluarga itu yang utama dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi,” jelasnya.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan, hal yang tidak kalah penting dalam mencegah terjadinya kenakalan remaja di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini adalah memperhatikan lingkungan pergaulan anak, karena faktor lingkungan ini juga sangat berpengaruh terhadap anak.

“Jadi, untuk lingkungan juga harus bisa kita nilai. Kalau itu memang baik untuk anak maka lebih bagus lagi, tapi kalau sebaliknya saya menyarankan untuk memperhatikan hal tersebut, sehingga dengan begitu kenakalan remaja di Seruyan ini bisa kita atasi bersama,” demikian Salidin.

Baca juga: Legislator minta kebersihan sungai di Seruyan harus tetap terjaga

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar