Peserta dari berbagai provinsi ikuti Gebyar Ramadhan Berkah

id Gebyar ramadhan berkah, anggota dpr ri agustiar sabran, kalteng berkah, bulan suci ramadhan, pwnu kalteng, bkprmi kalteng, kalteng, kalimantan tengah

Peserta dari berbagai provinsi ikuti Gebyar Ramadhan Berkah

Anggota DPR RI Agustiar Sabran (kiri) menyerahkan piala bergilir dalam pelaksanaan lomba Gebyar Ramadhan Berkah, Palangka Raya, Minggu, (25/4/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Lebih dari 200 peserta dari berbagai provinsi di Indonesia berpartisipasi dalam Lomba Gebyar Ramadhan Berkah 1442 Hijriah yang mulai dilaksanakan pada Minggu (25/4).

"Lomba ini kami laksanakan untuk mendorong kreativitas generasi muda dalam hal yang positif, khususnya pada bulan suci Ramadhan," kata Anggota DPR RI Agustiar Sabran di Palangka Raya.

Selain dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, kegiatan ini dilaksanakan sekaligus dalam rangka peringatan HUT PDI Perjuangan dan Bulan Bung Karno.

Kegiatan yang digagas oleh Agustiar ini, terselenggara bekerja sama dengan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) dan PW NU Kalteng.

Adapun lebih dari 200 peserta itu selain berasal dari kabupaten dan kota yang ada di Kalteng, juga berbagai provinsi di Indonesia seperti Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat.

Cabang lomba yang dilaksanakan pada Gebyar Ramadhan Berkah ini meliputi tartil Al Quran, adzan dan iqomah, nasyid, ceramah agama, cerita atau kisah Islami, bagarakan sahur dan lainnya. Pelaksanaan lomba dilaksanakan secara daring mengingat pandemi COVID-19 yang masih melanda.

"Dengan semangat Huma Betang mari kita wujudkan generasi milenial yang berakhlakulkarimah untuk Kalteng berkah Indonesia maju," jelasnya.

Ketua Tanfidziyah PW NU Kalteng Wahyudie F Dirun mengatakan, pihaknya bersyukur karena meski di tengah pandemi COVID-19, kegiatan yang sangat positif seperti pada hari ini tetap bisa terselenggara.

"Kita tetap bisa melaksanakan kegiatan yang positif seperti ini, yang bisa menjadi wadah bagi generasi muda untuk berkarya sekaligus meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT," terangnya.

Sementara itu Ketua MUI Kalteng Khairil Anwar mengharapkan agar kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan di setiap tahunnya dan kedepan skalanya dapat ditingkatkan, sehingga peserta yang berpartisipasi bisa lebih banyak lagi dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam lomba Gebyar Ramadhan Berkah ini juga telah disiapkan piala bergilir dengan total hadiah atau uang pembinaan mencapai Rp148 juta.