Perempuan diharapkan menjadi agen perubahan di masa pandemi COVID-19

id Ketua tp pkk kalteng, yulistra ivo sugianto sabran, gubernur kalteng, sugianto sabran, perempuan agen perubahan, pandemi covid 19, hari kartini, kalte

Perempuan diharapkan menjadi agen perubahan di masa pandemi COVID-19

Ketua TP PKK Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran. (ANTARA/Ho-MMC Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan (TP PKK) Provinsi Kalimantan Tengah Yulistra Ivo Sugianto Sabran mengatakan, semangat yang dimiliki Kartini merupakan sumber inspirasi, termasuk di tengah pandemi COVID-19.

Untuk itu peran perempuan dalam memaknai Hari Kartini saat ini salah satunya dengan bersama-sama memastikan agar masyarakat terhindar dari COVID-19, katanya dalam dialog interaktif Kalteng Menyapa di Palangka Raya, Senin.

"Untuk itu saya mengimbau agar para perempuan bisa menjadi agen perubahan," jelasnya yang juga menjabat Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalteng tersebut.

Agen perubahan dimaksud, yakni agen perubahan dalam mengedukasi keluarga maupun lingkungan masyarakat sekitar untuk dapat menerapkan pola hidup bersih dan sehat yang tentunya senantiasa menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Sebagai agen perubahan tersebut, diharapkan para perempuan meneladani semangat yang dimiliki Kartini. Untuk masa pandemi seperti saat ini, semangat itu dapat diimplementasikan melalui upaya maksimal dalam partisipasi memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Lebih lanjut Ivo juga memotivasi para perempuan baik yang merupakan ibu rumah tangga maupun yang memiliki pekerjaan di luar rumah, agar tetap semangat menjalankan berbagai tugas yang beragam tersebut.

"Kita jaga kesehatan diri sehingga bisa merawat keluarga secara optimal dengan menerapkan protokol kesehatan," terangnya.

Sementara itu, ia juga menjelaskan TP PKK Kalteng beserta jajarannya terus melakukan pembinaan dan pelatihan secara terarah di seluruh kabupaten dan kota, sebagai salah satu implementasi peran TP PKK mewujudkan kemandirian serta peningkatan ekonomi keluarga termasuk di masa pandemi.

Dalam dialog yang memiliki tema "Kiprah Kartini Masa Kini dalam Pembangunan" itu turut dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kalteng.