Vaksinasi COVID-19 di Gumas mulai dilakukan di beberapa kecamatan

id Gunung mas,vaksin corona,Vaksinasi COVID-19 di Gumas mulai dilakukan di beberapa kecamatan

Vaksinasi COVID-19 di Gumas mulai dilakukan di beberapa kecamatan

Camat Rungan Osner Sagala bersiap mengikuti vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tumbang Jutuh, Kecamatan Rungan, Selasa (18/5/2021). (ANTARA/HO-Dokumentasi pribadi)

Kuala Kurun (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Maria Efianti melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nia Ernawaty mengatakan, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua mulai dilakukan di beberapa kecamatan di kabupaten itu.

“Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 tahap kedua yang ditujukan kepada warga lansia dan petugas pelayan publik awalnya dilakukan di Kecamatan Kurun. Saat ini vaksinasi COVID-19 tahap kedua mulai dilakukan di kecamatan lain,” ucap Nia saat dihubungi dari Kuala Kurun, Rabu.

Dia menjelaskan, vaksinasi COVID-19 dilakukan oleh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas). Hingga saat ini, puskesmas yang telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 adalah Puskesmas Kurun dan Tampang Tumbang Anjir di Kecamatan Kurun.

Kemudian, ujar dia, Puskesmas Sepang Simin di Kecamatan Sepang, Puskesmas Tumbang Jutuh di Kecamatan Rungan, Puskesmas Tumbang Talaken di Kecamatan Manuhing, dan Puskesmas Tewah di Kecamatan Tewah.

Dalam waktu dekat, sejumlah puskesmas juga akan melakukan vaksinasi COVID-19 yakni Puskesmas Kampuri di Kecamatan Mihing Raya, Puskesmas Tewang Pajangan di Kecamatan Kurun, Puskesmas Rabambang di Kecamatan Rungan Barat, dan Puskesmas Tumbang Miri di Kecamatan Kahayan Hulu Utara.

“Di Gumas ada 17 puskesmas. Untuk puskesmas lain juga akan segera melaksanakan vaksinasi COVID-19. Yang harus diketahui, untuk saat ini sasaran vaksinasi adalah lansia dan petugas pelayan publik, jadi bagi yang bukan termasuk dua kategori tadi mohon bersabar,” tutur Nia.

Terpisah, Kepala Puskesmas Tumbang Jutuh Wawan mengatakan bahwa pihaknya mulai melaksanakan vaksinasi COVID-19 di puskesmas setempat pada Selasa (18/5) lalu. Vaksinasi COVID-19 menyasar kepada lansia dan petugas pelayan publik.

Pada Selasa (18/5) lalu, sambung dia, ada sekitar 60 warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tumbang Jutuh, yang mayoritas berasal dari Kelurahan Jakatan Raya dan Desa Tumbang Jutuh, Kecamatan Rungan.

Kemudian pada Rabu (19/5) ada sekitar 70 warga yang mengikuti vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tumbang Jutuh, yang berasal dari berbagai desa dan kelurahan di Kecamatan Rungan.

“Dari kemarin sampai saat ini tidak ada warga yang mengeluh usai pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tumbang Jutuh akan terus berjalan, sesuai dosis yang tersedia di puskesmas,” paparnya.

Lainnya, Camat Rungan Osner Sagala mengatakan bahwa dirinya telah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama, di Puskesmas Tumbang Jutuh pada Senin (18/5). Usai disuntik vaksin, dia mengaku hanya merasa mengantuk

“Setelah divaksin saya hanya merasa sedikit mengantuk, yang lainnya tidak ada. Semoga pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tumbang Jutuh berjalan dengan baik, aman dan lancar,” demikian Osner.