Legislator ingatkan KONI Gunung Mas jeli bina cabor potensial

id Legislator ingatkan KONI Gunung Mas jeli bina cabor potensial, kalteng, olahraga, gumas, Gunung mas

Legislator ingatkan KONI Gunung Mas jeli bina cabor potensial

Legislator Kabupaten Gumas Edyson D Kenting. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Edyson D Kenting mengingatkan kepada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten setempat agar jeli dalam melakukan pembinaan terhadap cabang olahraga (cabor).

Anggaran yang ada di KONI terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara efektif dan efisien dalam berbagai hal, termasuk pembinaan terhadap cabor, kata Edyson saat dihubungi awak media dari Kuala Kurun, Rabu.

“KONI memang wajib membina semua cabor. Namun karena anggaran yang tersedia terbatas, maka ada cabor tertentu yang mendapat perhatian khusus, dibanding cabor lainnya” kata politisi PDI Perjuangan itu.

Cabor yang harus mendapat perhatian khusus adalah cabor yang potensial dan memiliki peluang untuk meraih prestasi di berbagai ajang, seperti pekan olahraga provinsi dan ajang lainnya.

Untuk melihat suatu cabor potensial atau tidak salah satunya dapat dilakukan dengan mengadakan berbagai perlombaan, baik di tingkat desa/kelurahan, kecamatan atau kabupaten. Dari situ akan terjaring atlet-atlet potensial.

Baca juga: Legislator berharap PMI Gumas rutin lakukan bakti sosial

Dia menyebut, jika memang potensial dan dinilai bisa bersaing di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional, maka KONI Gumas harus melakukan pembinaan khusus kepada atlet tersebut.

“Harapan saya cabor juga terpacu untuk terus berlatih dengan sungguh-sungguh, supaya potensi mereka bisa dilirik oleh KONI,” kata Edyson yang juga pernah menjabat sebagai Ketua KONI Gumas.

Lebih lanjut, saat ini pengurus KONI Gumas masa bakti 2024-2028 telah terbentuk. Edyson berharap pengurus yang baru ini bisa membawa kemajuan bagi dunia olahraga di daerah setempat.

Untuk diketahui, Sekretaris Daerah Gunung Mas Richard terpilih secara aklamasi menjadi Ketua KONI kabupaten setempat masa bakti 2024-2028, dalam pelaksanaan Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) di Kuala Kurun, Jumat (1/3).

Adapun susunan pengurus KONI Gunung Mas 2024-2028 yakni Richard sebagai Ketua Umum, Hendra Toendan sebagai Ketua Harian, Beben Martinus sebagai Sekretaris Umum, Pasarian Hutabarat sebagai Bendahara Umum, dan beberapa bidang pendukung lainnya.

Baca juga: Pemkab Gumas kucurkan miliaran rupiah perbaiki empat jembatan

Baca juga: Wakapolres Gunung Mas dan Kapolsek Tewah berganti

Baca juga: Wabup: Jangan kendor walau angka stunting Gumas 2023 turun