Berikut lokasi vaksinasi massal COVID-19 Murung Raya

id Pemkab murung raya, vaksinasi massal murung raya, puruk cahu, covid 19, vaksinasi, kalteng, kalimantan tengah

Berikut lokasi vaksinasi massal COVID-19 Murung Raya

Pemantauan pelaksanaan vaksinasi massal di dua lokasi di Puruk Cahu, Sabtu, (22/5). (ANTARA/Supriadi)

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah melaksanakan vaksinasi massal Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) dalam rangka mencegah penyebaran virus tersebut di wilayah setempat.

Kepala Dinas Kesehatan Murung Raya, Suria Siri di Puruk Cahu, Sabtu, mengatakan, vaksinasi itu diperuntukan bagi para lanjut usia dan guru.

"Untuk kegiatan vaksinasi ini, kami menyedikan sebanyak 40 vial vaksin yang dibagi untuk dua lokasi pelaksanaan vaksinasi massal," katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 40 vial ini berisi sekitar 400 dosis vaksin dengan sasaran yang disuntik vaksin COVID-19 pada hari ini sebanyak 400 orang.

Berdasarkan pantauan ANTARA, vaksinasi massal tersebut dilaksanakan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di dua lokasi yakni di halaman Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Karya Pembangunan Puruk Cahu, serta halaman SMP Negeri 5 Murung.

Sekda Mura, Hermon pada kesempatan itu mengimbau masyarakat agar disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah.

Dikatakannya, selama ini pihaknya terus melakukan imbauan kepada masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 5M meskipun sudah divaksinasi.

"Kami meminta masyarakat agar mengerti bahwa bukan berarti setelah divaksin jadi kebal virus," paparnya.

Sekalipun mempunyai kekebalan tapi tetap bisa terpapar jika protokol kesehatannya tidak dijalankan secara disiplin sesuai anjuran pemerintah.

Terpisah, Kapolres Murung Raya AKBP I Gede Putu Widaya mengatakan, vaksinasi ini sebagai tindak lanjut atas atensi Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Kalimantan Tengah untuk melaksanakan vaksinasi massal kepada lansia dan guru.

Melalui vaksinasi massal ini diharapkan dapat menjadi sebuah momentum bagi masyarakat Murung Raya, bahwa vaksinasi sangat diperlukan untuk meningkatkan imun tubuh.

"Dengan divaksin harapannya nanti bisa membentuk herd immunity (kekebalan kelompok)," ucap Kapolres.

Kegiatan vaksinasi massal yang berlangsung di halaman Madrasah Ibtidaiyah Swasta Karya Pembangunan Puruk Cahu dan di halaman SMP Negeri 5 Murung tersebut berjalan lancar. Dalam kegiatan itu dihadiri Kasdim Mayor Inf Mahsun Abadi dan Kasatpol PP Mura Iskandar.