BKPP Pulang Pisau persiapkan penerimaan 822 formasi CASN

id BKPP Pulang Pisau persiapkan penerimaan 822 formasi CASN, Kalteng, pulang pisau

BKPP Pulang Pisau persiapkan penerimaan 822 formasi CASN

Kepala BKPP Kabupaten Pulang Pisau, Saripudin. ANTARA/ Adi Waskito

Pulang Pisau (ANTARA) - Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah, Saripudin mengatakan penerimaan calon aparatur sipil Negara (CASN) sedang dipersiapkan, setelah BKPP setempat menerima ketetapan 822 formasi yang ditadatangani MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. 

“Untuk jumlah formasi sudah kita terima dan persiapan penerimaan CASN tahun ini tengah dipersiapkan dan BKPP setempat tetap menunggu informasi lebih lanjut,” kata Saripudin di Pulang Pisau, Selasa. 

Menurut Saripudin, saat ini belum dipastikan kapan dimulainya penerimaan CASN, namun diperkirakan proses persiapan dan penerimaan akan dimulai Juni ini. 

Dari sebanyak kuota 822 formasi itu, terang Saripudin, sebanyak 688 formasi untuk pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K) terdiri 22 tenaga kesehatan dan 2 formasi untuk pendidikan S-1. Untuk penerimaan CPNS total sebanyak 134 formasi yang terbagi 95 tenaga kesehatan dan 39 tenaga teknis. 

Formasi tenaga teknis berdasarkan tingkat pendidikan terbagi formasi SMA/SMK sebanyak 4 formasi, D-III sebanyak 4 formasi, dan S-1 sebanyak 31 formasi. 

Baca juga: Mantan kades di Pulang Pisau rugikan keuangan desa capai Rp269,7 juta

“BKPP setempat hanya tinggal menunggu kapan instruksi dari MenPAN kapan penerimaan CASN dibuka,” ucap Saripudin. 

Tes akan dilaksanakan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). BKPP Pulang Pisau bekerjasama dengan BKN di Palangka Raya yang memiliki ketersediaan sarana prasarana pendukung pelaksanaan tes tersebut. 

Pedoman seleksi melalui sistem CAT ini juga mencakup kebijakan umum, baik terkait prosedur penyelenggaraan tes dan bagaimana penerapan protokol kesehatan bagi peserta seleksi dalam masa pandemi COVID-19 ini. 

Menurut Saripudin, tes dengan menggunakan sistem CAT diberlakukan sama kepada CPNS dan P3K. Ia berharap bagi masyarakat yang berkeinginan mengikuti seleksi CPNS dan P3K mempersiapkan segala sesuatu jauh-jauh hari karena semua yang memenuhi syarat memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi abdi negara dan masyarakat di lingkungan pemerintah setempat. 

Baca juga: DPRD tetapkan usulan pengangkatan dan pengesahan Bupati Pulang Pisau