DPRD Seruyan: Peran guru penting atasi penyalahgunaan narkoba

id Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin, DPRD Kabupaten Seruyan, Kabupaten Seruyan, Kalteng, Seruyan, DPRD Seruyan, Wakil Ketua

DPRD Seruyan: Peran guru penting atasi penyalahgunaan narkoba

Wakil Ketua DPRD Seruyan M Aswin di Kuala Pembuang.ANTAR/HO-Publikasi DPRD Seruyan

Kuala Pembuang (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, M Aswin menilai peran tenaga pengajar atau guru, sangat penting dalam mengatasi penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan narkoba di wilayah setempat.

Pentingnya peran guru itu karena bisa secara terus menerus mensosialisasikan bahaya narkoba kepada murid-murid pada saat di sekolah, Aswin di Kuala Pembuang, Senin.

"Dengan begitu para generasi muda akan bisa memahaminya dan menjauhinya karena sangat berbahaya apabila sudah terjerumus," tambahnya.

Menurut wakil rakyat Seruyan itu, guru merupakan salah satu sosok selain orang tua yang berdekatan serta berinteraksi secara langsung dengan murid-murid, sehingga lebih mudah memberikan edukasi atau sosialisasi tersebut.

Dia mengatakan peran guru itu bisa menjadi salah satu faktor dan langkah yang efektif  dalam menanamkan kesadaran kepada pelajar, terkait bahaya narkoba bagi kehidupan.

"Jadi, kita di Seruyan bisa menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan jauh dari narkoba," kata Aswin.

Dikatakan, dengan adanya peran aktif guru ini juga membantu meringankan tugas dari pihak kepolisian dalam menekan dan memberantas peredaran, sekaligus mencegah pemakaian narkoba khususnya untuk para pemuda di kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini.

Baca juga: KPU Seruyan gandeng UMPR sosialisasikan DPT kepada siswa

Dia mengatakan saat ini aparat kepolisian sedang gencar-gencarnya memberantas peredaran narkoba di Seruyan.

"Untuk itu hal tersebut tidak hanya tugas mereka tapi tugas kita bersama," jelasnya.

Politisi Partai Nasdem itu menambahkan, titik-titik rawan akan peredaran narkoba tersebut harus benar-benar dievaluasi serta diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan memang harus diwaspadai bersama agar hal tersebut bisa dicegah.

Baca juga: Legislator Seruyan dorong peningkatan jalan di Dapil III dioptimalkan

Baca juga: FKIP UMPR fasilitasi penguatan kualifikasi pendidikan guru PAUD di Seruyan

Baca juga: Ketua DPRD Seruyan dukung sinergitas TNI-Polri terus ditingkatkan