PKK Balangan kunjungi peternak ayam petelur di Desa Hajak

id pkk barut,pkk balangan,kalteng

PKK Balangan kunjungi peternak ayam petelur di Desa Hajak

Ketua TP PKK Balangan Hj Sri Huriyati Hadi didampingi Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati,Ketua DWP Hj Erna Jainal Abidin dan rombongan lainnya saat mengunjungi peternak ayam petelur di Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru, Senin (6/6/2021).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Ketua TP PKK Kabupaten Barito Utara Hj Sri Hidayati   dan rombongan bersama Ketua TP PKK  Balangan, Kalimantan Selatan, Hj Sri Nuriyati Hadi mengunjungi perternakan ayam petelur di Desa Hajak Kecamatan Teweh Baru, Senin.

Ketua TP PKK Kabupaten Balangan Hj Sri Nuriyati Hadi saat meninjau peternakan ayam petelur mengatakan, kunjungan ini merupakan program dari Pokja III dari Tim PKK Balangan ke Tim PKK Kabupaten Barito Utara guna mempelajari keberhasilan yang diraih.

"PKK  Balangan akan melaksanakan lomba, oleh karena itu kita berkunjung ke Kabupaten Barito Utara dan Alhamdulillah di sambut dengan  luar biasa dan  meriah," kata Sri Huriyati yang juga Ketua Komisi I DPRD Balangan.

Ditambahkannya, semua sangat bersinergi sekali dan memang hasilnya sangat luar biasa didapatkan. 

"Jadi banyak sekali ilmunya yang akan kita bawa ke Balangan dan wawasan kami juga sudah terbuka," kata dia.

Sementara Ketua TP PKK Barito Utara Hj Sri Hidayati mengatakan TP PKK Barito Utara mengadakan penanaman sayur mayur dan percontohan peternakan ayam petelur seperti yang kita kunjungi saat ini. 

"Agar ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki aktivitas bisa beternak dan berkebun," katanya.

Ia juga mengatakan selama Pandemi COVID-19 ini  sangat membutuhkan semua gizi dan juga untuk menambah penghasilan keluarga. Selain itu juga, sebagai seorang isteri kita  tidak tergantung dengan suami. 

"Wanita harus bisa berkarier serta wanita itu harus maju," ujar Sri Hidayati.

Dia mengatakan, suksesnya seorang suami ada isteri di belakang dan suksesnya seorang isteri ada suami yang mendukung.

Peternakan ayam petelur Bunda Sri yang berada di Jalan Negara Muara Teweh-Banjarmasin ini merupakan peternakan Binaan dari TP PKK Kabupaten Barito Utara.

Edy salah seorang pengurus peternakan mengatakan, ayam dara ini masa bertelurnya adalah 19 minggu dan puncak bertelurnya pada 5 bulan ini adalah 95 persen. 

"Dari 592 ekor ayam dara yang ada saat ini bertelur sebanyak 553 butir," kata Edy.

Dikatakannya, untuk jenisnya adalah Hailent dengan komposisi perhari menghabiskan pakan sekitar 65 kilo dengan 100 gram per ekor per hari.

“Ayam petelur yang diternakan pada saat ini sudah berumur lima bulan dan yang dikelola pada saat ini sudah 2 bulan. Nama ayam yang diternakan ini adalah Pulet atau disebut juga ayam dara,” kata dia.