Pentingnya inovasi dalam wujudkan kemajuan daerah di Sukamara

id Pemkab sukamara, sukamara, inovasi daerah, bupati sukamara, windu subagio, kalteng, kalimantan tengah

Pentingnya inovasi dalam wujudkan kemajuan daerah di Sukamara

Bupati Sukamara, Windu Subagio. (ANTARA/Dokumentasi Pribadi)

Sukamara (ANTARA) - Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio mengatakan, inovasi adalah salah satu indikator kemajuan suatu daerah.

"Untuk itu diperlukan adanya perlindungan terhadap kegiatan yang bersifat inovatif," katanya di Sukamara, Senin.

Hal itu diterapkan baik terhadap yang dilakukan aparatur sipil negara di daerah maupun elemen masyarakat lainnya.

Perlu adanya kriteria yang objektif untuk dijadikan pegangan bagi pejabat daerah dalam melakukan kegiatan yang bersifat inovatif.

"Sehingga inovasi akan terpacu dan berkembang," ucapnya saat membuka sosialisasi sistem inovasi daerah Sukamara tahun 2021 di Aula Kantor Bappeda setempat.

Menurutnya, inovasi dapat mencakup semua bentuk pembaharuan untuk peningkatan kinerja dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dan implementasinya dalam tata kelola pemerintah daerah.

Meliputi penataan tata laksana internal dalam pelaksanaan fungsi manajemen dan pengelolaan unsur manajemen.

Kemudian pelayanan publik meliputi proses pemberian layanan barang dan jasa publik, serta inovasi jenis maupun bentuk barang dan jasa publik, serta bentuk inovasi daerah lainnya.

Terkait hal tersebut, Pemkab Sukamara telah melaksanakan inovasi melalui beberapa perangkat daerah yang semuanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

"Saya mengajak seluruh perangkat daerah, tetap bersatu dalam rangka mengawal kesinambungan jalannya pembangunan," tuturnya.

Tentunya dengan menempatkan kepentingan masyarakat di atas kepentingan sektor maupun masing-masing kelembagaan, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan sesuai harapan bersama.