BPJS Kesehatan sosialisasikan kemudahan layanan kepada karyawan PDAM Tirta Barito

id sosialisasi,pdam tirta barito,barito selatan,kalteng,bpjs kesehatan muara teweh

BPJS Kesehatan sosialisasikan kemudahan layanan kepada karyawan PDAM Tirta Barito

BPJS Kesehatan Kabupaten Barito Selatan memberikan sosialisasi dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta berkaitan program JKN-KIS kepada karyawan dari PDAM Tirta Barito bertempat di Aula PDAM Tirta Barito, Buntok, Kamis (3/6/2021).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Buntok (ANTARA) - Dalam rangka meningkatkan pemahaman peserta berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Kabupaten Barito Selatan memberikan sosialisasi langsung kepada karyawan dari PDAM Tirta Barito.

Selain terkait informasi kepesertaan, pelayanan serta hak dan kewajiban peserta. Hal lain yang disampaikan diantaranya kemudahan layanan yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS.

"Saat pandemi COVID-19 ini tentunya akses layanan digital menjadi sangat diperlukan untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 sehingga layanan dapat diakses oleh peserta JKN-KIS secara cepat dan praktis," kata Pps Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Barito Selatan Basnah  di aula PDAM Tirta Barito, Buntok, Kamis.

Ia mencontohkan bagi peserta JKN-KIS yang ingin berkonsultasi dengan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dapat menggunakan fitur konsultasi dokter yang ada dalam aplikasi Mobile JKN.

"Peserta JKN-KIS yang telah mendownload aplikasi mobile JKN dapat berinteraksi dengan dokter di FKTP untuk berkonsultasi terkait dengan kesehatannya. Pada awal percakapan peserta JKN-KIS dapat langsung menyampaikan keluhan kesehatannya dan nantinya akan diberikan tanggapan oleh dokter FKTP yang bertugas pada saat itu," jelasnya.

Lebih lanjut, kemudahan layanan lainnya yang disampaikan antara lain Voice Interactive JKN (VIKA) dan Chat Assistant JKN (CHIKA).

"Selain aplikasi mobile JKN, peserta JKN-KIS juga dapat mengakses VIKA dan CHIKA. Untuk mengakses VIKA maka peserta JKN-KIS bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400 kemudian dapat mengikuti petunjuk yang ada untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan akan dijawab oleh mesin penjawab. Selanjutnya untuk CHIKA, peserta JKN-KIS dapat chat melalui whatsapp ke Nomor 08118750400," jelas dia.

Dengan banyaknya kemudahan yang ditawarkan tersebut, Direktur PDAM Tirta Barito Rona Cipta mengapresiasi penuh dan mengharapkan karyawan yang telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS dapat mengakses layanan tersebut.

"Tentunya berbagai kemudahan tersebut dapat digunakan oleh seluruh karyawan yang ada di PDAM Tirta Barito, harapannya dapat dimaksimalkan dan dapat bermanfaat dimasa pandemi saat ini. Kami ucapkan terima kasih juga kepada pihak BPJS Kesehatan yang telah berkenan memberikan informasi ini," ujar Rona Cipta.