Tangani tunggakan pelanggan, PDAM Palangka Raya gandeng Kejari

id dpadm,air minum,palangka raya,kejari

Tangani tunggakan pelanggan, PDAM Palangka Raya gandeng Kejari

Direktur PDAM Kota Palangka Raya Budi Harjono. (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), menggandeng Kejaksaan Negeri (Kejari) setempat untuk menangani dan menyelesaikan tagihan tunggakan pada pelanggan.

"Selain terkait tunggakan pelanggan, kerja sama ini juga untuk mencegah pelanggaran seperti adanya sambungan air tidak resmi (ilegal connection) atau tidak menggunakan meter air," kata Direktur PDAM Kota Palangka Raya, Budi Harjono di Palangka Raya, Jumat.

Dia menerangkan kerja sama itu juga telah dikukuhkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur PDAM Kota Palangka Raya dengan Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya.

"Tujuan kerja sama ini juga untuk meningkatkan efektivitas penagihan rekening air bagi pelanggan PDAM Palangka Raya, khususnya golongan tarif pemerintah dan niaga yang menjadi prioritas<" katanya.

Selain itu, kerja sama itu juga mengatur tentang sosialisasi dan penegakan hukum terkait kewajiban pemanfaatan air yang diproduksi dan didistribusikan oleh PDAM Palangka Raya, termasuk penyelesaian terhadap pelanggaran.

“Kerja sama dengan Kejari Palangka Raya diharapkan dapat membantu PDAM Palangka Raya dalam mengatasi permasalahan keuangan dan kinerja yang disebabkan oleh tingginya tunggakan rekening pelanggan,” kata Budi Hardjono.

Budi berharap dengan adanya penandatanganan kerja sama itu, pelanggan PDAM Palangka Raya dapat memenuhi kewajiban mereka dalam membayar rekening air tepat waktu dan sesuai dengan pemakaiannya.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat Kota Palangka Raya untuk memahami aturan dan konsekuensi hukum apabila menyalahgunakan layanan PDAM Palangka Raya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Baca juga: DPKUKMP Palangka Raya gencarkan sidak harga sembako di sejumlah pasar

Kepala Kejaksaan Negeri Palangka Raya Andi Murji Machfud mengatakan, pihaknya pun akan selalu siap mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah termasuk perusahaan daerah milik pemerintah.

"Data yang disampaikan PDAM akan kita petakan bersama dan ditentukan prioritas sasaran. Maka saya ingatkan kepada para pelanggan untuk jujur dan segera menyelesaikan kewajiban yang belum terselesaikan," katanya.

Pihaknya akan mengutamakan upaya pendekatan dalam setiap menyelesaikan pelanggaran, namun jika tidak diindahkan maka akan menggunakan instrumen atau peraturan yang tegas kepada setiap pelanggaran.

Baca juga: Pemkot Palangka Raya dan kejaksaan kerja sama tagih tunggakan pajak

Baca juga: DPKUKMP-MES kolaborasi tingkatkan sertifikasi halal bagi pelaku UMKM

Baca juga: Pemkot Palangka Raya kembangkan kawasan ekowisata