Sejumlah kabupaten di Kalteng terdampak banjir

id Banjir kalteng, kotim, katingan, gunung mas, lamandau, murung raya, bpbpk, bpbd, musim hujan

Sejumlah kabupaten di Kalteng terdampak banjir

Pelaksana Tugas Camat Antang Kalang Watmin bersama tim meninjau kondisi banjir di Desa Tumbang Kalang, Jumat, (16/7/2021). ANTARA/HO-Kecamatan Antang Kalang

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyampaikan, hingga saat ini ada sekitar lima kabupaten yang terdampak banjir.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng Erlin Hardi saat dihubungi di Palangka Raya, Minggu, menjelaskan, sementara ini kondisi daerah banjirnya seperti itu.

"Kami masih menunggu perkembangan laporan hari ini dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di kabupaten," katanya.

Adapun perkembangan informasi yang pihaknya terima, sebanyak lima kabupaten terdampak banjir tersebut meliputi Kotawaringin Timur, Katingan, Murung Raya, Lamandau dan Gunung Mas.

Disampaikannya, laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah, banjir yang terjadi di Lamandau yakni di sebanyak lima desa terdampak dan 125 unit rumah terendam.

Banjir di Katingan terjadi di sekitar 19 desa, yakni rumah yang terdamlak sekitar 2.251 unit, 6 unit rumah ibadah, 11 unit fasilitas sekolah dan 1 unit puskesmas pembantu atau pustu.

Banjir yang terjadi di Murung Raya yakni di Kecamatan Seribu Riam dan Permata Intan. Kemudian dan untuk Kotawaringin Timur terjadi di Kecamatan Antang Kalang, seperti di Desa Tumbang Kalang, Sungai Puring, Tumbang Gagu, dan Tumbang Ramei.

Selanjutnya banjir yang terjadi Gunung Mas adalah di Kecamatan Rungan Hulu dan Rungan Barat, seperti di Desa Sei Antai dan Tumbang Kuayan.

"Upaya bersama yang dilakukan khususnya oleh petugas dari berbagai instansi di wilayah setempat, diantaranya pemantauan dan pendataan, sembari mengimbau agar masyarakat yang terdampak banjir meningkatkan kewaspadaan,“ terangnya.