Perusda 'Batara Membangun' bangun pabrik pentol

id perusda batara membangun,pabrik pentol,dprd barut,barito utara,kalteng

Perusda 'Batara Membangun' bangun pabrik pentol

Jajaran Perusda Batara Membangun saat menggelar rapat dengan anggota DPRD Barito Utara terkait akan membangun pabrik pentol, di ruang rapat DPRD setempat di Muara Teweh.ANTARA/Dokumen pribadi

Muara Teweh (ANTARA) - Perusahaan Daerah (Perusda)  "Batara Membangun" Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, berencana memproduksi pentol yang nantinya akan dipasarkan kepada para pedagang pentol yang ada di daerah setempat.

"Kami telah membuat rumah pentol dan peralatan untuk memproduksi pentol pun sudah disiapkan, tinggal menunggu pelaksanaannya," kata Direktur Perusda Batara Membangun Askiannor didampingi Badan Pengawas Perusda Sofiansyah kepada para anggota DPRD Barito Utara di Muara Teweh, Senin.

Menurut dia, dalam memproduksi pentol ini, prosesnya menggunakan mesin mulai dari pengadukan bahan-bahan sampai bahan menjadi pentol, sehingga benar-benar higiene.

"Jadi nantinya tidak ada menggunakan tangan. Mesin yang ada bisa memproduksi sebanyak 600 buah pentol per menitnya," jelas Askiannor.

Ia mengatakan, tujuan pihaknya membuat rumah pentol ini adalah untuk membantu para pedagang pentol yang ada di daerah ini, sehingga nantinya pedagang tidak perlu membuat pentol sendiri tetapi bisa membeli atau mendapatkannya dari pabrik pentol Perusda Batara Membangun.

"Tujuan kita tidak melemahkan para pedagang lainnya, justru nantinya perusda membantu pedagang yang ada. Contohnya jika mereka menjual untuk sebuah pentol dengan harga Rp1.000 per biji, maka kita dari perusda akan menjual dengan harga Rp700/bijinya," kata dia.