Pj Bupati Barut minta binaraga dikenalkan secara masif ke masyarakat

id binaraga,pbfi,barito utara,batara open championship 2023,muara teweh,kalteng,barut

Pj Bupati Barut minta binaraga dikenalkan secara masif ke masyarakat

Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis menyerahkan piala dan tropi serta uang pembinaan kepada salah satu juara PBFI Batara Open Championship 2023 di Muara Teweh, Sabtu (9/12/2023) malam.ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi.

Muara Teweh (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Utara, Kalimantan Tengah, Muhlis meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan pengurus Persatuan Binaraga Fitness Indonesia (PBFI) daerah ini bergerak secara masif merangkul masyarakat agar tertarik pada olahraga ini. 

"Saat ini masih sedikit peminat dari masyarakat Barito Utara yang menjadi atlet binaraga, hal ini dikarenakan masih minimnya edukasi dan pengenalan olahraga binaraga fitness ini untuk masyarakat,” kata Muhlis menutup PBFI Batara Open Championship 2023 di Muara Teweh, Minggu.

Muhlis meminta KONI Barito Utara bersama PBFI setempat menaungi para atlet yang menjadi pemenang maupun yang belum menjadi pemenang agar terus mengembangkan sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, sehingga ke depan bisa mewakili daerah ini di kancah nasional maupun internasional.

Harapannya, kata dia, di tahun-tahun yang akan datang, Kabupaten Barito Utara mampu mengikuti dan menyelenggarakan event binaraga tingkat nasional.

"Sehingga ini menjadi peluang untuk memperkenalkan Kabupaten Barito Utara di tingkat nasional melalui binaraga," kata Muhlis.

Ketua PBFI Barito Utara Parmana Setiawan mengharapkan cabang olahraga binaraga fitnes ini semakin berkembang dan dikenal luas di kalangan masyarakat di kabupaten ini.

"Sehingga nantinya akan muncul atlet-atlet baru, yang akan menjadi atlet profesional dan mampu berkompetisi pada ajang yang lebih tinggi baik di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional,” kata dia.

Dia mengatakan dengan tujuan dan harapan itulah, dirinya selaku Ketua PBFI Barito Utara dan pengurus lainnya dengan berbangga hati, menyelenggarakan Event PBFI Batara Open Champianship 2023 ini.  

Dikatakannya, dengan adanya kegiatan ini akan munculnya animo yang besar dari warga masyarakat Kabupaten Barito Utara untuk ikut berpartisipasi dalam mengikuti pertandingan yang dilaksanakan ini. 

Dia mengharapkan akan muncul atlet-atlet baru yang akan dapat dibina untuk menjadi atlet profesional yang siap berkompetisi sampai ke jenjang nasional, bahkan lebih tinggi dari itu untuk mengharumkan nama Kabupaten Barito Utara.

“Semoga kegiatan event PBFI Batara Open Champianship 2023 ini dapat menjadi ajang yang menyenangkan dan penuh semangat, serta dapat meningkatkan sportifitas dan solidaritas antar peserta, penonton, dan para undangan,” imbuhnya.

Batara Open Championship 2023 tersebut diikuti sebanyak 54 orang perserta dari dari berbagai daerah di Kalteng dan Kalimantan Selatan, Kabupaten Barito Utara dalam kegiatan ini mengirimkan sebanyak 13 orang peserta, Barito Timur satu peserta, Palangka Raya tujuh peserta, Banjarmasin 12 peserta, Katingan dua peserta, Kabupaten Banjar satu peserta, Barabai enam peserta, Pulang Pusau tiga peserta dan Buntok sembilan peserta. 

Untuk juri empat orang didatangkan dari Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah. Dua juri Kalteng H Udin dan Muhammad Hadi dan dua juri Kalsel Yudi Pribadi dan Kariyanto.

Dalam Event PBFI Batara Open Champianship 2023 ada empat kategori yang dilombakan yaitu Kategori Men’s Fitness Physique, Men’s Sport Physique, Men’Sport Physique dan Kategori Khusus untuk TNI/POLRI, Satuan Keamanan, Satpol PP, Dishub dan Damkar.