Ketua MPR: Vaksinasi kunci atasi pandemi COVID-19

id Bambang Soesatyo,Ketua MPR RI ,Vaksin COVID,Vaksinasi kunci atasi pandemi COVID-19,Vaksinasi COVID-19

Ketua MPR: Vaksinasi kunci atasi pandemi COVID-19

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo. (ANTARA/TL/Riza Harahap)

Jakarta (ANTARA) - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menegaskan bahwa vaksinasi merupakan kunci untuk mengatasi pandemi COVID-19 di Tanah Air.

Bamsoet, sapaan akrab Bambang Soesatyo mengatakan vaksinasi memberi harapan untuk memutus penyebaran virus COVID-19 dan membantu pemulihan ekonomi, terutama di Bali yang tergantung pada sektor pariwisata.

Ia mengatakan permasalahan akibat pandemi yang dihadapi Indonesia bukan hanya pada sektor kesehatan, namun juga sektor ekonomi.

“Bank Indonesia Provinsi Bali mencatat pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan II 2021 mengalami tren positif naik sebesar 2,83 persen dari angka triwulan sebelumnya yang hanya -9,82 persen,” kata Bamsoet dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Pertumbuhan ekonomi tersebut selaras dengan gencarnya vaksinasi COVID-19 yang diselenggarakan di Bali. Secara nasional, kata Bamsoet, Bali berada di peringkat ke-2 sebagai provinsi dengan persentase pemberian vaksinasi terbesar di Indonesia.

Satgas COVID-19 Provinsi Bali mencatat per 8 Agustus 2021 dari sebanyak 4,32 juta jiwa penduduk Bali, yang telah memperoleh vaksin dosis pertama sebanyak 3.089.213 orang dan vaksin dosis kedua sebanyak 1.086.268 orang. Total vaksin yang terdistribusi sebanyak 4.868.132 dosis dengan sisa stok vaksin sebanyak 1.215.273 dosis.

Bambang Soesatyo melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Klungkung bersama Bupati sekaligus Kepala Satgas Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Klungkung Provinsi Bali I Nyoman Suwirta.

Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) sekaligus Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat ini mengatakan bahwa strategi percepatan vaksinasi COVID-19 yang dilakukan pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Bali dengan melibatkan berbagai unsur masyarakat dan personel TNI-Polri perlu ditiru daerah lain.

“Dengan demikian pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Indonesia bisa berjalan cepat dan tepat," ujar Bamsoet usai meninjau vaksinasi di UPTD Puskesmas Banjarangkan II Klungkung dan Dusun Mertasari Banjarangkan Klungkung, Provinsi Bali.

Hingga saat ini Satgas COVID-19 mencatat dari target vaksinasi Indonesia sebanyak 208,2 juta penduduk, yang sudah menjalani vaksinasi pertama sebanyak 50.497.940 orang dan vaksinasi kedua 23.777.323 orang.

Bamsoet berharap pada akhir tahun 2021, Indonesia bisa keluar dari pandemi dan dapat menghidupkan kembali sektor pariwisata Bali.