710 tenaga kesehatan di Murung Raya sudah divaksin dosis ketiga

id 710 tenaga kesehatan di Murung Raya sudah divaksin dosis ketiga, Kalteng, Mura, murung raya

710 tenaga kesehatan di Murung Raya sudah divaksin dosis ketiga

Sekretaris Dinas Kesehatan Murung Raya, Suwirman Hutagalung di Puruk Cahu, Rabu (18/8/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Sebanyak 710 tenaga kesehatan (Nakes) di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah sudah menerima vaksin dosis ketiga atau booster dengan jenis vaksin Moderna.

"Dari 1.200 orang tenaga kesehatan di daerah ini, baru sebanyak 710 orang tenaga kesehatan yang sudah disuntik vaksin tahap tiga jenis moderna tersebut," kata Sekretaris Dinas Kesehatan Murung Raya, Suwirman Hutagalung, di Puruk Cahu, Rabu.

Ia menjelaskan, jenis vaksin COVID-19 jenis Moderna ini yang digunakan sebagai booster atau dosis ketiga ini yang diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan yang merupakan kelompok berisiko tinggi tertular penyakit tersebut.

Menurutnya, selain untuk tenaga kesehatan, vaksin jenis Moderna ini nantinya direncanakan juga akan diberikan kepada masyarakat umum, baik itu sebagai vaksin tahap tiga, ataupun sebagai vaksin tahap pertama atau pun tahap kedua.

Baca juga: Dea Salsabila, siswi MAN 1 Murung Raya pembawa baki upacara HUT RI

"Tentu dari segi keefektifan vaksin jenis Moderna ini daya tahannya di atas vaksin jenis sinovac. Oleh karena itu efek samping setelah disuntik vaksin Moderna akan mengalami beberapa efek samping, seperti demam, sakit kepala dan lain-lain, tergantung daya tahan tubuh masing-masing," sebut Suwirman lagi.

Untuk itu, Suwirman menyarankan kepada masyarakat yang nantinya setelah disuntik vaksin Moderna supaya terlebih dahulu menyiapkan obat paracetamol dan alat kompres untuk mengurangi rasa sakit pada area suntikan.

Dalam kesempatan itu juga Suwirman Hutagalung menyampaikan, jumlah masyarakat di Kabupaten Murung Raya yang sudah mendapatkan suntikan vaksin tahap pertama sebanyak 26.008 orang. Sedangkan masyarakat di Kabupaten dengan motto Tira Tangka Balang yang sudah disuntik vaksin tahap kedua lanjut dia, tercatat sebanyak 19.504 orang.

"Kemudian, ditambah lagi sebanyak 710 orang tenaga kesehatan yang sudah menerima vaksin tahap tiga, sehingga total keseluruhan yang sudah divaksinasi sebanyak 46.222 orang dari total penduduk di Kabupaten Murung Raya yang jumlahnya kurang lebih 100 ribu jiwa ini," demikian Suwirman Hutagalung.

Baca juga: RSUD Puruk Cahu dapat bantuan oksigen konsentrator