Peringatan HUT RI di Mura dilaksanakan dengan mengutamakan penerapan prokes

id Pemkab mura, murung raya, puruk cahu, bupati mura, perdie m yoseph

Peringatan HUT RI di Mura dilaksanakan dengan mengutamakan penerapan prokes

Bupati Murung Raya, Perdie M Yoseph. (ANTARA/HO-Diskominfo Mura)

Puruk Cahu (ANTARA) - Peringatan HUT ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah dilaksanakan dengan sejumlah rangkaian kegiatan.

Rangkaian kegiatan tersebut diantaranya upacara peringatan HUT RI di halaman kantor bupati dan mengikuti detik-detik proklamasi bersama Presiden Jokowi secara virtual di Aula Setda Gedung B, Puruk Cahu, Selasa.

"Dalam suasana penuh keprihatinan akibat pandemi, HUT Kemerdekaan RI tahun ini kembali diperingati secara sederhana dan terbatas, dengan mengutamakan penerapan protokol kesehatan," kata Bupati Mura Perdie M Yoseph saat membacakan sambutan gubernur.

Tentunya semua ini dilaksanakan tanpa mengurangi kekhidmatan dan makna penting yang terkandung dalam peringatan hari bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia. Kemerdekaan yang sudah diraih tentu harus diisi dengan semangat membangun demi kemajuan NKRI.

Ditambahkannya, jika dulu pahlawan berperang melawan penjajah yang merampas kemerdekaan bangsa, saat ini seluruh negara termasuk Indonesia sedang berjuang melawan wabah COVID-19.

"Selama 1,5 tahun terakhir, pandemi ini menimbulkan dampak ke semua sendi kehidupan dan pembangunan, mulai dari kesehatan, sosial, ekonomi, sampai pendidikan," jelasnya.

Pemda bersama pihak terkait terus bekerja keras menangani dampak COVID-19, seperti melakukan refocusing dan realokasi anggaran yang sangat besar untuk peningkatan layanan kesehatan dan penyiapan bantuan sosial, vaksinasi, hingga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM.

Sementara itu dalam rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 RI di Murung Raya dihadiri hampir semua pejabat lingkup pemkab, seperti wakil bupati, ketua DPRD beserta anggota, kapolres, dandim dan kejari.