Keunggulan galam hantarkan legislator Kapuas ini menangi lomba TTG Kalteng

id Keunggulan galam hantarkan legislator Kapuas ini menangi lomba TTG Kalteng, Kalteng, Kapuas

Keunggulan galam hantarkan legislator Kapuas ini menangi lomba TTG Kalteng

Anggota DPRD Kabupaten Kapuas, Rosihan Anwar (kanan), menerima piagam penghargaan apresiasi dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat, atas keberhasilan memenangkan TTG) Tingkat Provinsi Kalteng, Kamis (2/9/2021). ANTARA/HO-Diskominfo Kapuas

Kuala Kapuas (ANTARA) - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, Rosihan Anwar, sukses menjadi pemenang juara pertama dalam Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah dan akan mewakili provinsi ini ke tingkat nasional.

“Saya memohon doa restu dari masyarakat Kabupaten Kapuas agar saya bisa menjuarai tingkat nasional dalam lomba TTG tahun ini,” ucap Rosihan Anwar di Kuala Kapuas, Kamis.

Ini disampaikan wakil rakyat yang terpilih dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kapuas I Kecamatan Selat tersebut, usai menerima piagam penghargaan apresiasi dari Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat.

Kemenangan dirinya dalam lomba TTG tersebut, setelah membawakan hasil inovasinya manfaat kayu galam bisa digunakan untuk pondasi pembangunan dengan biaya pembangunan cukup terjangkau semua kalangan.

Menurutnya, kayu galam merupakan potensi yang luar biasa bagi Kapuas namun belum dimanfaatkan secara maksimal. Masyarakat Kabupaten Kapuas dapat memanfaatkan penemuan ini sebagai salah satu komponen bangunan dan juga menjadi salah satu jalan keluar bagi pemerintah untuk bisa membantu masyarakat dalam hal sandang, pangan maupun papan tetapi belum maksimal.

“Mudah-mudahan dari segi kebutuhan papan pemerintah Kabupaten Kapuas terpenuhi dan menjadi sesuatu terobosan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” harapnya.

Baca juga: Legislator apresiasi PPKM di Kapuas turun ke level III

Sementara itu, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas penelitian yang dilakukan oleh Rosihan Anwar. Menurutnya, penelitian tersebut merupakan sesuatu yang langka dan luar biasa.

Orang nomor satu di Kabupaten Kapuas inipun berharap agar temuan itu dapat bermanfaat bagi Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia maupun dunia.

Hal ini merupakan sesuatu yang luar biasa dan bermanfaat bagi dunia konstruksi dengan menghemat besi. Temuan ini melihat potensi yang ada di Kalimantan Tengah bahwa kayu galam melimpah.

"Sekali lagi saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang luar biasa, saya yakin dan percaya pada saat mengikuti lomba di kancah nasional Beliau membawa nama harum Kalimantan Tengah, secara khusus Kabupaten Kapuas,” demikian Ben Brahim S Bahat.

Sementara itu, Gelar Teknologi Tepat Guna Nasional XXII Tahun 2021 yang rencananya akan diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat, pada Oktober mendatang.

Baca juga: Mencegah kecanduan digital dengan kegiatan kreatif dan produktif