PT Unggul Lestari gelar vaksinasi COVID-19 untuk 1.000 pekerja

id PT Unggul Lestari gelar vaksinasi COVID-19 untuk 1.000 pekerja, Kalteng, musim mas group, unggul lestari, Perkebunan sawit, Sampit, Kotim, Kotawaringi

PT Unggul Lestari gelar vaksinasi COVID-19 untuk 1.000 pekerja

Pekerja PT Unggul Lestari sedang melakukan pendaftaran kepada petugas untuk kegiatan vaksinasi COVID-19. Mereka terlihat sangat antusias mengikuti vaksinasi tersebut, Jumat (3/9/2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Sampit (ANTARA) - Perusahaan besar perkebunan kelapa sawit PT Unggul Lestari yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah, mengelar vaksinasi COVID-19 Gotong Royong untuk pekerja dan keluarga pekerja untuk mencegah penularan virus tersebut dan mempercepat pembentukan ‘herd immunity’ di lingkungan sekitar perusahaan.

"Total ada 1.000 orang yang diberikan vaksinasi COVID-19, terdiri dari pekerja dan keluarganya di lingkungan perusahaan. Ini upaya perusahaan kami untuk melindungi pekerja dan anggota keluarga mereka dari penularan COVID-19," kata General Manager PT Unggul Lestari, Toris di Sampit, Sabtu.

Vaksinasi oleh perusahaan yang bernaung di bawah bendera Musim Mas Group ini dilaksanakan di lingkungan perusahaan tersebut. Kegiatan berlangsung selama dua hari yakni Jumat dan Sabtu.

Untuk melaksanakan kegiatan ini, perusahaan menggandeng tim kesehatan dari Puskesmas Tumbang Kalang untuk membantu tim kesehatan dari perusahaan yaitu dari Klinik M VI Sehat yang sudah terlatih dan bersertifikasi.

Sebelum disuntik vaksin, peserta terlebih dulu menjalani skrining atau pemeriksaan kesehatan untuk memastikan kondisi mereka memenuhi syarat dan aman untuk divaksinasi. Vaksinasi ini diberikan untuk suntikan dosis pertama.
PT Unggul Lestari, perusahaan besar perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah menggelar vaksinasi COVID-19 untuk 1.000 orang di lingkungan perusahaan mereka, Jumat (3/9/2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Vaksinasi ini sesuai arahan pemerintah bagi perusahaan untuk melindungi pekerja dari penularan COVID-19 melalui program Vaksinasi Gotong Royong. Selain itu, ini merupakan komitmen PT Unggul Lestari untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19 di lingkungan perusahaan.

Selama ini PT Unggul Lestari sangat komitmen dalam mencegah penularan COVID-19 di lingkungan perusahaan dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat. Vaksinasi terhadap seluruh pekerja dan keluarga merupakan upaya lain yang dilakukan agar virus mematikan tersebut tidak sampai muncul dan berjangkit di lingkungan perusahaan.

Vaksinasi COVID-19 ini juga merupakan upaya PT Unggul Lestari untuk membantu pemerintah dalam memutus mata rantai penularan COVID-19. Semakin banyak jumlah orang divaksinasi maka semakin banyak pula orang memiliki imunitas yang baik sehingga tidak mudah terpapar COVID-19.
Manajemen PT Unggul Lestari berfoto bersama dengan tenaga kesehatan Puskesmas Tumbang Kalang usai melaksanakan vaksinasi COVID-19, Sabtu (4/9/2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

"Protokol kesehatan juga terus kami jalankan secara ketat dan disiplin sesuai aturan. Selain itu kami juga menyediakan dan mempunyai fasilitas lengkap untuk karantina dan penanganan dini jika ada yg  terpapar COVID-19. Kami berharap kita semua selalu sehat dan pandemi COVID-19 ini segera berakhir sehingga kehidupan normal dan ekonomi kembali pulih," harap Toris.

Kegiatan vaksinasi COVID-19 mendapat apresiasi dari Pelaksana Tugas Camat Antang Kalang, Watmin. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dalam membantu pemerintah memutus mata rantai penularan COVID-19.

"Kegiatan ini sangat membantu pemerintah dalam membentuk 'herd immunity' agar semakin banyak orang yang memiliki imunitas yang bagus sehingga mata rantai penularan COVID-19 ini diharapkan bisa segera diputus dan pandemi segera berakhir," harap Watmin.
Dua pekerja PT Unggul Lestari menunjukkan kartu bukti sudah menjalani vaksinasi COVID-19 dosis pertama. Mereka sangat berterima kasih kepada PT Unggul Lestari atas terselenggaranya vaksinasi COVID-19 di lingkungan perusahaan, Jumat (3/9/2021). ANTARA/HO-PT Unggul Lestari

Watmin juga mengapresiasi komitmen PT Unggul Lestari dalam melindungi pekerja dan keluarga pekerja yang juga sebagian besar adalah warga Kecamatan Antang Kalang dari penularan COVID-19 melalui vaksinasi ini.

Watmin mengingatkan seluruh masyarakat untuk selalu mewaspadai penularan COVID-19, termasuk mereka yang sudah menjalani vaksinasi karena tetap berisiko tertular. Protokol kesehatan wajib dilaksanakan agar tidak mudah tertular COVID-19.

Protokol kesehatan wajib dilaksanakan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, sering mencuci tangan, tidak berkerumun dan mengurangi mobilitas. Peran masyarakat, termasuk pekerja sangat penting dalam upaya bersama memutus mata rantai penularan COVID-19.

Baca juga: Cepat tanggap, PT Unggul Lestari salurkan bantuan untuk korban banjir Tumbang Kalang