Legislator Palangka Raya minta fasilitas Lapas dan rutan ditingkatkan

id Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha, DPRD Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalteng

Legislator Palangka Raya minta fasilitas Lapas dan rutan ditingkatkan

Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Noorkhalis Ridha. ANTARA/Adi Wibowo

Palangka Raya (ANTARA) - Legislator Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Noorkhalis Ridha meminta kepada Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan yang ada di kota setempat, agar bisa meningkatkan fasilitasnya.

"Kabel listrik di bangunan Lapas dan Rutan, harus diperhatikan dengan baik, agar terhindar dari bahaya kebakaran," kata Ridha di Palangka Raya, Kamis.

Anggota DPRD Kota Palangka Raya itu menuturkan, dengan adanya peristiwa terbakarnya Lapas di daerah Tangerang hingga menewaskan 41 warga binaan, menjadi perhatian banyak publik. Maka dari itu, adanya hal tersebut, pihaknya mengingatkan kepada dua lembaga itu yang berada di di 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya.

"Semoga dengan adanya kejadian itu, Lapas dan Rutan di tempat kita dapat mengantisipasi agar kejadian serupa tidak menimba daerah setempat," ungkapnya.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya juga menuturkan, sistem fasilitas khususnya di dua lembaga yang menampung banyak warga binaan harus bisa dibenahi.

Baik itu sistem instalasi yang ada pada Lapas dan Rutan harus selalu terjaga kualitasnya demi memperkecil potensi terjadinya musibah yang tidak diinginkan terjadi.

"Memang ada baiknya kita melakukan upaya pencegahan sebelum sesuatu yang terjadi tidak diinginkan terjadi. Sistem kelistrikan, air, ventilasi udara sehingga sistem pembuangan limbah harus rutin dilakukan pemeriksaan, jangan sampai musibah menimpa warga binaan karena kita lalai," ungkapnya.

Baca juga: DPRD apresiasi perhatian Pemkot Palangka Raya perbaiki dermaga

Ditambahkan politisi berlambang matahari putih itu mengaku, bahwa sangat mendukung upaya-upaya perbaikan dan peningkatan fasilitas Lapas dan Rutan agar lebih baik kedepannya.

"Jadi, mereka yang menjalani pembinaan di lembaga tersebut bisa kembali kepada masyarakat dengan hasil yang terbaik," demikian Ridha.

Berdasarkan informasi yang dihimpun ANTARA di Palangka Raya, Lapas dan Rutan yang berada di Kota Palangka Raya selama ini terus meningkatkan fasilitas lainnya. Baik sistem pelayanan serta fasilitas lainnya.

Baca juga: Ketua DPRD: Masyarakat jangan khawatir dengan perpanjangan PPKM