DPRD-Pemkot Palangka Raya mulai bahas KUA-PPAS APBD 2022

id Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto, DPRD Kota Palangka Raya, Kota Palangka Raya, Kalteng

DPRD-Pemkot Palangka Raya mulai bahas KUA-PPAS APBD 2022

Badan Anggaran DPRD Kota Palangka Raya melakukan rapat pembahasan expose awal rancangan KUA-PPAS APBD tahun anggaran 2022, beberapa waktu lalu. ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Ketua DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sigit K Yunianto menyatakan bahwa pihaknya pemerintah setempat sudah mulai membahas, expose awal rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022.

Pembahasan itu juga tetap memperhatikan Rencana Pembangunan Jangka menengah Daerah (RPJMD) dan kebijakan pemerintah provinsi, kata Sigit di Palangka Raya, Rabu.

"Sesuai dengan kondisi riil di tahun yang akan datang, maka diharapkan ada usulan dalam kebijakan umum RKUA-PPAS tersebut," tambahnya.

Anggota DPRD Palangka Raya tiga periode itu berharap, tahun depan tetap fokus pada pemulihan ekonomi, karena di masa pandemi angka kasus landai. Maka tetap dijalankan program pencegahan pandemi yang beriringan dengan pembangunan serta pemulihan ekonomi," katanya.

Dalam pembahasan tersebut yang dilaksanakan di ruang Komisi DPRD Kota Palangka Raya itu, juga dihadiri sejumlah anggota DPRD setempat, Sekretaris Daerah Kota setempat Hera Nugrahayu, Tim Anggaran Pendapatan Daerah (TAPD) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dipimpin Ketua DPRD setempat.

"Salah satunya pembahasan tersebut, yakni pembahasan terkait usulan dewan dan juga jawaban eksekutif atas pertanyaan anggota Banggar pada rapat paparan RKUA-PPAS 2022," kata Sigit.

Sementara itu, pada rapat tersebut Sekda Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu mengatakan, penyampaian RKUA-PPAS akan dibahas secara tertib sehingga tidak terjadi wanprestasi.

Baca juga: DPRD Palangka Raya minta pemkot percepat bantu warga terdampak banjir

Kemudian di dalam RKUA-PPAS, sambung Hera, maka kebijakan umum anggaran dirinci ke dalam kebijakan pendapatan, kebijakan belanja dan kebijakan pembiayaan. Kebijakan umum ini berpedoman pada tema dan prioritas pada RKPD tahun 2022, sehingga nantinya bisa berjalan sesuai dengan apa yang sudah diprogramkan.

"Kami akan tetap menjalankan strategi pembangunan yang selaras dengan pembangunan nasional dan provinsi. Termasuk selaras dengan tema pembangunan nasional 2022 yakni mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi struktural," ungkap Hera.

Selain itu juga orang nomor tiga di lingkup Pemkot Palangka Raya itu juga menambahkan, semoga dengan apa yang nantinya dianggarkan untuk menangani persoalan pandemi benar-benar berjalan dengan harapan.

"Semoga anggaran yang sudah disetujui nantinya dapat digunakan sesuai dengan fungsinya, salah satunya untuk penanganan pandemi COVID-19 yang sampai sekarang belum berakhir melanda daerah kita," tutupnya.

Baca juga: DPRD ingatkan banjir di Palangka Raya jangan sampai memakan korban

Baca juga: Sembari bersepeda, Legislator Palangka Raya bantu promosikan usaha warga

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021