Bupati Katingan apresiasi kedatangan Mensos Risma

id Pemkab katingan, katingan, kasongan, sakariyas, bupati katingan, banjir katingan, banjir kalteng, mensos risma, kementerian sosial

Bupati Katingan apresiasi kedatangan Mensos Risma

Mensos Risma (kanan) berdiskusi bersama Wagub Kalteng Edy Pratowo (kiri), Bupati Katingan Sakariyas (dua dari kanan) dan lainnya di Taman Religi, Kasongan, Kamis, (16/9/2021). (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Kasongan (ANTARA) - Bupati Katingan, Kalimantan Tengah Sakariyas mengatakan kunjungan Menteri Sosial Tri Rismaharani sangat luar biasa manfaatnya bagi pemkab karena telah memberikan saran dalam upaya menangani banjir kedepannya.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Mensos yang sudah datang ke Katingan untuk melihat masyarakat terdampak musibah banjir ini," katanya di Kasongan, Kamis.

Sakariyas juga mengutarakan pihaknya mempunyai solusi yang akan dilakukan pemerintah untuk mengatasi dampak banjir.

Dia berkeinginan pada masa yang akan datang Dana Desa bisa dialokasikan untuk pembangunan gedung pertemuan atau rumah panggung di setiap desa dengan ketinggian paling tidak dua sampai tiga meter dengan menggunakan tongkat besi beton. 

Sehingga bangunan tersebut nantinya akan berfungsi sebagai penampung atau tempat pengungsian apabila terjadi musibah banjir di wilayah masing-masing.

Sementara itu, kedatangan Mensos Risma untuk meninjau secara langsung lokasi terdampak banjir dan tempat pengungsian warga yang berada di RT.11 RW.03 Taman Religi Jalan Trans Kalimantan, Kelurahan Kasongan Lama, Kecamatan Katingan Hilir.

Mensos berharapan bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat yang terdampak banjir di Katingan.

"Terkait permasalahan banjir di Katingan harus ada strategi bagaimana menyelesaikan akar masalah yang menyebabkan banjir," tuturnya.

Risma meminta pemerintah daerah mewaspadai dampak bencana yang disebabkan oleh perubahan iklim. Dia juga minta kepala daerah menyiapkan langkah antisipatif yang bisa memberikan solusi komprehensif terhadap bencana banjir.

"Saya minta kepala daerah bisa membuat terobosan baru dalam menyusun rencana strategis dan antisipasi agar bencana tidak berulang dan menjadi kendala dalam upaya pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat," tegas Risma.

Risma menyadari masalah banjir yang terjadi saat ini tidak bisa dilakukan sendiri oleh Kabupaten Katingan. Diharapkan semua daerah juga harus bersama-sama membantu menyelesaikannya.

Di lokasi kegiatan, wanita yang pernah menjabat Wali Kota Surabaya itu menyalurkan bantuan untuk penanganan banjir dan pasca banjir bagi masyarakat setempat berupa makanan siap saji, makanan anak, selimut,  famili kit, perlengkapan dapur, 100 lembar matras, tenda gulung, paket sembako dan sandang.

Dalam kegiatan itu, Mensos didampingi langsung Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo, Wakapolda Kalteng Brigjen Pol Ida Oetari Poernamasasi, Plt Kadinsos Kalteng Farid Wajdi serta pihak terkait lainnya.