Kadin Kotim siapkan 1.200 dosis vaksin COVID-19 prioritaskan warga pelosok

id Kadin Kotim siapkan 1.200 dosis vaksin COVID-19 prioritaskan warga pelosok, Kalteng, kadin Kalteng, kadin Kotim, sekda Kotim, Fajrurrahman, Sampit, Ko

Kadin Kotim siapkan 1.200 dosis vaksin COVID-19 prioritaskan warga pelosok

Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman (tengah) bersama Ketua Kadin Kalteng, Ketua OJK Kalteng, Ketua Kadin Kotim dan pejabat lainnya memantau vaksinasi  yang digelar Kadin Kotim di atrium mal di Sampit, Sabtu (25/9/2021). ANTARA/Norjani

Sampit (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, menggelar vaksinasi COVID-19 untuk 1.200 orang peserta yang sebagian besar diprioritaskan untuk warga di pelosok desa.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan vaksinasi COVID-19 yang digagas Kadin Kotawaringin Timur bersama, Kadin Kalimantan Tengah dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalimantan Tengah. Ini sangat membantu pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penularan COVID-19," kata Sekretaris Daerah Kotawaringin Timur Fajrurrahman di Sampit, Sabtu.

Vaksinasi COVID-19 yang juga didukung Dinas Kesehatan tersebut dilaksanakan di atrium Citimall Sampit. Kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-53 Kadin ini disambut antusias masyarakat yang sudah antre sejak pagi.

Hadir dalam acara tersebut Ketua Umum Kadin Kalimantan Tengah Rahmat Nasution Hamka, Ketua OJK Kalimantan Tengah Otto Fitriandy, Ketua DPRD Kotawaringin Timur Rinie, Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo, Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur Umar Kaderi, Ketua Kadin Seruyan dan pejabat lainnya.

Fajrurrahman berterima kasih karena vaksinasi COVID-19 ini sangat membantu pemerintah daerah. Ini merupakan bukti perhatian dan kontribusi Kadin dalam mengatasi permasalahan yang sedang dihadapi masyarakat.

"Dengan vaksinasi COVID-19 hingga ke daerah pelosok ini diharapkan mempercepat terbentuknya 'herd immunity' di daerah ini sehingga pandemi bisa segera diatasi dan perekonomian terus membaik," harap Fajrurrahman.

Ketua OJK Kalimantan Tengah Otto Fitriandy mengaku salut dan bangga atas sinergitas Kadin bersama semua pihak di Kotawaringin Timur. Ini membuktikan kuatnya kebersamaan dalam mengatasi pandemi COVID-19 ini.

"Saya sampai merinding karena saya merasakan sinergi luar biasa karena baru ini pelaksanaan vaksinasi dengan konsep seperti entertainment ini. Ini sangat luar biasa. Ini sinergitas yang patut dicontoh," ujar Otto.

Baca juga: Sesi pertama SKD CASN Kotim 10 peserta dipastikan gugur

Ketua Umum Kadin Kalimantan Tengah Rahmat Nasution Hamka berharap kegiatan ini bisa mendukung percepatan vaksinasi COVID-19 di Kalimantan Tengah, khususnya di Kotawaringin Timur. Sesuai target pemerintah provinsi, diharapkan minimal 70 persen penduduk Kalimantan Tengah sudah divaksinasi pada Desember 2021 ini.

"Makanya kami mengajak semua pelaku usaha, khususnya perusahaan besar untuk membantu pencapaian ini. Apa yang dilaksanakan Karin Kotawaringin Timur bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Kalimantan Tengah," ucap Rahmat.

Sementara itu Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo mengatakan, vaksinasi COVID-19 ini terlaksana atas dukungan OJK Kalimantan Tengah, Kadin Kalimantan Tengah, Dinas Kesehatan Kotawaringin Timur dan semua pihak terkait, termasuk para sponsor.

Susilo menjelaskan, Kadin Kotawaringin Timur mendapat kuota vaksinasi COVID-19 untuk 1.200 dosis. Hari ini dilaksanakan di Sampit sebanyak 320 dosis, sedangkan sisanya akan dilaksanakan menjangkau wilayah yang jauh dari kota yaitu Kecamatan Bukit Santuai dan Mentaya Hulu.

"Kami memprioritaskan lebih banyak di kecamatan-kecamatan karena banyak kawasan pelosok yang belum terjangkau vaksinasi COVID-19, sedangkan di kota sudah cukup banyak. Makanya kami lakukan jemput bola langsung ke lokasi di sana," ujar Susilo.

Susilo berharap dukungan OJK Kalimantan Tengah agar Kadin Kotawaringin Timur bisa melaksanakan vaksinasi COVID-19 dengan peserta yang lebih banyak lagi karena masih banyak warga yang membutuhkan.

Pihaknya berharap dengan dimaksimalkannya vaksinasi COVID-19 maka "herd immunity" atau kekebalan kelompok akan terbentuk. Dengan begitu, pandemi ini segara bisa diatasi sehingga aktivitas serta perekonomian masyarakat kembali normal.

Baca juga: Perempuan ini letakkan bayinya di depan rumah sendiri seolah bayi temuan