Pemkot Palangka Raya-BPJS Kesehatan berkolaborasi dalam penanganan sampah

id Pemkot palangka raya, palangka raya, bpjs kesehatan, bantuan bak sampah, pengelolaan lingkungan, permasalahan sampah, kalteng, kalimantan tengah

Pemkot Palangka Raya-BPJS Kesehatan berkolaborasi dalam penanganan sampah

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan (kiri), Sekda Palangka Raya Hera Nugrahayu (tengah) dan Kepala DLH Palangka Raya Achmad Zaini saat serah terima bantuan bak sampah di Palangka Raya, Rabu (29/9/2021). (ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah bersama BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya berkolaborasi dalam penanganan sampah di kota setempat.

"Hari ini BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya menyerahkan 100 tempat sampah kepada pemerintah kota. Ini sebagai bentuk dukungan, kerja sama dan kolaborasi dalam penanganan sampah," kata Sekda Palangka Raya Hera Nugrahayu, Rabu.

Pemerintah "Kota Cantik" pun mengapresiasi dukungan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan yang menyerahkan 100 tempat sampah tersebut. Terlebih, 100 tempat sampah tersebut juga merupakan daur ulang dari ban mobil bekas yang dibuat menjadi bak sampah.

Menurut dia, kondisi tersebut selain memaksimalkan program 3R yakni reuse, reduce dan recycle, juga meningkatkan nilai ekonomi masyarakat. Apalagi, saat ini salah satu program prioritas pemerintah kota yakni terkait penanganan sampah dalam upaya pelestarian lingkungan, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Pemkot mengajak pihak lain yang ada di Palangka Raya terus berkolaborasi dengan pemerintah dan terlibat langsung dalam pembangunan daerah.

"Kami berharap kontribusi dan partisipasi semua pemangku kepentingan di Palangka Raya. Pembangunan tak hanya bertumpu pada pemerintah tetapi memerlukan keterlibatan semua pihak," jelasnya.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan berharap melalui penyerahan bantuan 100 tempat sampah tersebut, tingkat kesadaran masyarakat menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat meningkat.

"Bantuan OSR ini juga sebagai bentuk keterlibatan dan dukungan BPJS Kesehatan terhadap visi dan misi pemerintah kota. Dengan menciptakan lingkungan yang bersih maka akan tercipta masyarakat sehat," papar Masrur.

Serah terima 100 bantuan bak sampah itu sendiri dilakukan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Palangka Raya dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palangka Raya Achmad Zaini yang disaksikan Sekda Palangka Raya Hera Nugrahayu.

Sementara itu Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Langkai Sriwanti menerangkan, 100 bak sampah tersebut berasal dari usulan masyarakat yang disampaikan saat musrenbang.

"Untuk itu bantuan bak sampah ini seluruhnya didistribusikan di wilayah Kelurahan Langkai. Pendistribusian akan kami musyawarahkan antara pihak kelurahan, RT dan RW. Namun akan kami utamakan bagi warga di RW selaku pengusul program," terangnya.

Dia pun berharap dengan adanya bantuan bak sampah tersebut masyarakat akan semakin sadar dengan pentingnya mengelola sampah untuk menjaga lingkungan tetap bersih dan sehat.